Anies Revitalisasi Gereja Immanuel Jakarta Jadi Lokasi Wisata Religi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 24 April 2021
Anies Revitalisasi Gereja Immanuel Jakarta Jadi Lokasi Wisata Religi
Ilustrasi: Kebaktian malam Natal di Gereja Immanuel Jakarta. (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Gereja Immanuel bakal direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Revitalisasi mencakup perawatan, perbaikan, beautifikasi dan peningkatan interior maupun eksterior gereja.

Revitalisasi juga akan membuat bangunan gereja menjadi lebih menarik dan nyaman tanpa mengurangi keaslian bangunan secara keseluruhan sesuai kaidah-kaidah cagar budaya.

"Revitalisasi untuk interior mencakup di antaranya ruang ibadah, mimbar, dan balkon lantai dua," ujar Kepala Dinas Kebudayaan DKI, Iwan Henry Wardhana di Jakarta, Sabtu (24/4).

Baca Juga

Psikologi Forensik Nila Serangan ZA ke Mabes Polri 'Suicide by Cops'

Sementara, untuk bagian eksterior pembangunan mencakup taman-taman, tumbuhan ditata, aspal halaman gereja, pedesterian di area gereja dengan ditata lebih rapi lagi.

Iwan menjelaskan, Gereja Immanuel yang masuk ke dalam bangunan cagar budaya ini akan tetap terjaga kelestariannya dan menjadi bagian dari program kawasan religi di Jakarta.

Lanjut Iwan, proyek pengerjaan ditargetkan sudah dapat dimulai pada Minggu ketiga Mei 2021. Dan progres revitalisasi Gereja Immanuel saat ini dalam tahap pengurusan administrasi.

Misa malam Natal di Gereja Immanuel Jakarta. (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)
Ilustrasi: Kebaktian malam Natal di Gereja Immanuel Jakarta. (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

"Sudah dilakukan tiga kali sidang cagar budaya, sudah dapat rekomendasi dan disetujui perencanaannya. Targetnya Natal tahun ini jemaat sudah bisa beribadah dengan tampilan bangunan gereja yang lebih bagus," ungkapnya.

Berdasarkan rapat koordinasi dan pertemuan dengan jemaat maupun majelis gereja sebelumnya, revitalisasi gereja yang terletak di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat mendapat respon positif dari jemaat dan majelis.

"Selama revitalisasi berlangsung, jemaat akan beribadah menggunakan ruangan lain yang lokasinya tidak jauh dari gereja," jelas dia.

Baca Juga

Polisi Diminta Usut Tuntas Jaringan Teroris di Indonesia

Gereja Immanuel yang dibangun sekitar tahun 1830 bakal menjadi salah satu wisata destinasi religi dan edukasi sejarah di Jakarta yang dapat memberikan pengalaman tidak terlupakan bagi jemaat maupun pengunjung.

"Bukan hanya sekadar menjadi wisata rekreasi semata. Tapi, bisa menyajikan wisata sarat nilai religi atau keagamaan, kebudayaan, dan sejarah sebagai representasi peradaban Jakarta," pungkasnya. (Asp)

#Gereja Immanuel #Gereja Immanuel Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan