Anies: Perpindahan Warga Jakarta ke Luar Daerah Usai Lebaran Cukup Tinggi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Facebook/anies baswedan

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa bukan hanya warga dari luar daerah Jakarta ke ibu kota tapi juga ada pergerakan cukup tinggi masyarakat yang dari Jakarta berpindah ke luar kota metropolitan usai lebaran.

"Memang banyak sebenarnya pergerakan bukan hanya ke dalam Jakarta, tapi dari Jakarta ke luar juga cukup tinggi karena tak hanya pendatang baru," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (12/6)

Namun, Anies belum merinci terkait data tersebut termasuk alasan mereka keluar dari ibu kota. Menurut dia, setiap masyarakat yang pindah kota memiliki tujuan berbeda-beda.

BACA JUGA: Saut Situmorang Ajukan Tiga Nama Pimpinan KPK ke Pansel Capim

Anies berjanji akan memberikan data yang lengkap melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

Diketahui, dalam catatan Disdukcapul bahwa dalam dua tahun terakhir tren warga yang keluar dari DKI terus meningkat. Sedangkan penduduk kategori permanen atau yang berniat menetap di Jakarta trennya menurun.

Data yang dihimpun terdapat sekitar 174 ribu orang keluar Jakarta pada 2018 atau meningkat dari 2017 sebanyak 145 ribu orang.

Dengan begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengimbau warga agar melaporkan setiap akan menempati kota tertentu baik mereka yang ke Jakarta maupun pindah ke luar.

BACA JUGA: Jadi Penyebab Macet Arus Balik, Desain Rest Area Bakal Dievaluasi

Laporan itu, kata Anies, bisa melalui Disdukcapil ataupun kelurahan jika ingin pindah dari Jakarta atau datang ke ibu kota.

"Saya mengimbau kepada semuanya yang keluar dari Jakarta melaporkan bahwabikin surat pindah yang masuk juga membawa surat, dengan begitu pencatatan bisa baik," tutup Anies. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH