Anies Perpanjang Masa Jabatan Sekda Saefullah Sekda DKI, Saefullah. Foto: ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memperpanjang masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah setelah lima tahun menjabat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir mengatakan penambahan masa jabatan Sekda itu sesuai dengan rekomendasi Anies karena kinerja Saefullah yang dinilai baik dan memuaskan.

"Bukan pensiun, masa jabatan Pak Sekda itu sudah lima tahun. Namun diperpanjang kembali dalam surat perpanjangan, itu sudah turun dari Kemendagri. Pak Sekda kan masih bagus kinerjanya, kompetensi masih bagus," ujar Chaidir saat dikonfimasi, Rabu (17/7).

Baca Juga: Sekda Pastikan Pemprov DKI Tetap Perhatikan Hak Publik Soal Reklamasi

Saefullah, menjabat sebagai Sekda DKI ketika dilantik pada 11 Juli 2014 silam dan berakhir masa jabatannya pada 14 Juli 2019. Anies sudah memberi rekomendasi pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperpanjang jabatan Saefullah dan disetujui.

Chaidir pun mengatakan bahwa perpanjangan jabatan yang diberikan kepada Saefullah ini telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun Chaidir menuturkan tak ada ketentuan mengenai batas waktu perpanjangan jabatan tersebut.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. (ANTARA FOTO/Retno Esnir)

Chaidir menuturkan, perpanjangan masa jabatan itu mengacu kepada kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai kinerja, kesesuaian kompetensi, dan kebutuhan instansi.

"Jadi bunyinya, berdasarkan ketentuan pasal 117 UU nomor 15 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara ditegaskan bahwa jabatan pimpinan tinggi hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun. dan dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja kesesuaian kompetensi dan kebutuhan instansi yang telah dapat persetujuan dinas kepegawaian dan berkoordinasi dengan KSN," tutur Chaidir.

Baca Juga: Pemprov DKI Putar Otak Supaya Trotoar Kebon Sirih Tak Dibikin Semrawut Pencari Suaka

Perpanjangan masa jabatan Saefullah berlangsung paling lama lima tahun ke depan. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan Saefullah diberhentikan di tengah masa jabatan.

"Ketentuannya begitu, jadi gak ada. Gak ada ketentuan (maksimal lima tahun lagi) itu. Tergantung Gubernur iya," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH