Anies Percayai Cholil Nafis Jadi Khatib Salat Idul Fitri di JIS

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 29 April 2022
Anies Percayai Cholil Nafis Jadi Khatib Salat Idul Fitri di JIS
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

MerahPutih.com - Pemerintah DKI akan menggelar salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Salat Id tahun ini mengusung tema “Spirit Fitrah untuk Membangun Kesalehan”.

Gubernur Anies Baswedan memercayai Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Muhammad Cholil Nafis menjadi khotib salat Id di JIS.

Lalu yang bertindak sebagai imam salat Id adalah Heri Kuswanto. Heri merupakan juara nasional tilawah dewasa putra MTQ Nasional tahun 2018. Lalu yang bertindak sebagai bilal atau muazin adalah Abdullah Hanafi, sebagai MC Ustaz Muklis, dan petugas takbir Sofyan.

Baca Juga:

Anies Sebut JIS Siap Gelar Salat Idul Fitri

"Merujuk Nota Dinas kepada Gubernur nomor e-0063/KA.02.03 tanggal 14 April 2022, khotib adalah KH Muhammad Cholil Nafis (Ketua MUI Pusat)," demikian bunyi daftar petugas salat Id di JIS yang dikatakan Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Aceng Zaini, Jumat (29/4).

Sebagai antisipasi, kata Aceng, petugas akan diinapkan di hotel D'Arcici Sunter atau hotel terdekat lainnya.

Untuk diketahui, Pemprov) DKI menambah kuota untuk salat Idul Fitri di JIS. Pasalnya, antusiasme masyarakat untuk salat di stadion kandang Persija Jakarta ini membludak. Kuota salat Id di JIS jadi sekitar 20 ribu jemaah.

Awalnya tempat yang disiapkan panitia di JIS hanya bisa menampung 6.430 orang.

"Jamaah laki-lakinya kalau enggak salah 12 ribu, perempuannya maksimal 10 ribu lah," ujar Aceng.

Baca Juga:

Blackburn Rovers Jadikan Stadion untuk Lokasi Salat Idul Fitri

Meski demikian, kuota utama yang disiapkan adalah 8 ribu jemaah. Pihaknya menambah wilayah concourse stadion bagian tengah.

Namun, jika memang nantinya melebihi 8 ribu, ia sudah menyiapkan bagian concourse sisi selatan dan utara. Dengan demikian, kuota yang disiapkan sebagai antisipasi berjumlah 20 ribu jemaah.

"Tadinya tuh 8 ribu sudah paling max, tapi ternyata antusiasme masyarakat melebihi itu. Akhirnya ditambah lagi concourse sisi selatannya, antisipasinya itu saja. Itu berdasarkan teknis dari Jakpro," papar dia.

Aceng menuturkan, antusiasme masyarakat untuk salat Id yang juga dihadiri Gubernur Anies Baswedan ini membludak karena informasi yang sudah menyebar. Warga yang mengetahuinya jadi berminat ikut salat di JIS.

"Tadinya kan prediksinya hanya 6.430 yang awal, (informasi) itu sudah nyebar ke mana, orang pada pengin salat di JIS, antisipasinya kan 8 ribu," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Salat Id di JIS, Ini 6 Kantong Parkir yang Bisa Masyarakat Manfaatkan

#Idul Fitri #Salat Id
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan