Anies Pakai Seragam PNS di Reuni 212, Kemendagri: Masa Dia Pakai Gamis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutan Reuni 212 di taman Monas Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019). ANTARA/Livia Kristianti/aa.

MerahPutih.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tak mempermasalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menggunakan pakaian pegawai negeri sipil (PNS) saat menghadiri Reuni 212 di Monas pada Senin (2/12) pagi tadi.

Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik, hal yang wajar bila Anies mengenakan pakaian dinas harian (PDH) warna coklat ketika datang ke Reuni 212. Alasannya karena kapasitasnya sebagai kepala daerah yang menyambut tamu.

Baca Juga:

Anies Janji Izinkan Reuni 212 Tahun Depan Digelar di Monas


"Kan hari kerja. Dia diundang kapasitasnya sebagai apa? Gubernur kan? Ya boleh dong," ujar Akmal saat dikonfirmasi, Senin (2/12).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)

"Masa iya dia pakai gamis. Dia pakai pakaian dinas dong karena kapasitasnya sebagai gubernur," tambahnya.

Akmal juga menegaskan, tak ada regulasi dan aturan yang mengatur pakaian dinas untuk kepala daerah yang menghadiri undangan apa pun dan datang sesuai jabatannya.

"Tidak. Yang jelas dalam pedoman pakaian dinas pusat dan daerah itu tentang pakaian dinas saja. Penggunaan juga di jam kerja atau di luar jam kerja tapi kapasitas terundang sesuai jabatannya," tutur Akmal.

Baca Juga:

Anies Koreksi Jumlah Peserta Reuni 212

"Dia kan gubernur, gubernur seluruh masyarakat. Dia kan diundang sebagai gubernur. Kita enggak pernah mengikat kegiatan A atau B. Lagian dia kan hadir di daerahnya sendiri," lanjutnya.

Reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta, Senin (2/12). (ANTARA/Muhammad Zulfikar/YA)
Reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta, Senin (2/12). (ANTARA/Muhammad Zulfikar/YA)

Seerti diketahui, kehadiran Gubernur Anies ke acara Reuni 212 menuai polemik lantaran menggunakan baju PNS. Padahal, PNS dilarang mengikuti aksi Reuni 212 karena bertepadan pada hari kerja.

Namun, hal itu langsung dibela Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Chaidir. Ia menegaskan bahwa Anies tak melanggar dan menyalahi aturan memakai seragam PDH saat datang ke acara tersebut.

"Ga apa-apa lah, orang dia sebagai kepala daerah. Boleh saja dia sebagai kepala daerah. Gak masalah," kata Chaidir saat dikonfirmasi, Senin (2/12). (Asp)

Baca Juga:

Hadiri Reuni 212 Pakai Baju Dinas, Anies Tidak Langgar Aturan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH