Anies Minta Warga Tidak Pulang Kampung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (10/3/2020) (ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak para orang tua agar mengingtakan kepada anak-anaknya tidak berpergian lantaran dua pekan sekolah dan sejumlah kampus diliburkan. Sebab saat ini resiko penularan virus corona sedang tinggi.

"Ditiadakannya kegiatan belajar di sekolah dan perkuliahan di kampus, jangan dianggap sebagai masa liburan. Tujuannya adalah agar semua kita bisa berada di rumah. Jadi jangan bepergian, jangan membuat kegiatan bersama di luar rumah," imbauan Anies melalui rekaman suara yang tersebar, Minggu (15/3).

Baca Juga

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Jalani Tes Corona, Hasilnya?

Anies juga berpesan kepada semua warga DKI usahakan tidak bepergian ke luar kota. Tunda rencana pulang kampung sampai kondisi penularan aman terkendali.

"Jangan sampai ada di antara kita yang pulang kampung dan tanpa disadari justru membawa virus tersebut ke kampung halaman atau ke wilayah lain," jelas dia.

KakaAnies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

Karena, menurut Anies, Jakarta saat ini merupakan salah satu tempat di mana virus mematikan itu telah menular dari satu pribadi ke pribadi lain.

Ia juga kembali mengingatkan agar selalu berpola hidup bersih dengan melakukan cuci tangan dengan sabun secara rutin dan sesering mungkin

"Hindari berjabat tangan atau bercium pipi. Gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan," pesannya.

Baca Juga

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Muncul Gerakan Diam di Rumah

Kemudian, lanjutnya, gunakan masker jika flu atau batuk dan pastikan bila batuk atau bersin maka tutupi mulut dan hidung dengan tissue atau dengan lipatan sikut tangan.

"Kita semua harus sadar bahwa covid 19 itu tidak terlihat tapi bukan berarti tidak ada," jelasnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH