Anies Minta Pembangunan Hunian Nuansa Cilangkap Terbuka untuk Warga Gubernur DKI Anies Baswedan saat groundbreaking rumah DP 0 rupiah (MP/Asropih)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melaksanakan groundbreking Hunian DP 0 rupiah Nuansa Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12) pagi. Pembangunan fase kedua DP 0 Rupiah ini dikerjakan oleh PD. Sarana Jaya dan PT. Totalindo.

Anies pun meminta kepada PD. Sarana Jaya dan PT. Totalindo untuk membangun sesuai dengan target yakni selama 18 bulan dan pembangunan itu dibuat terbuka agar bisa dipantau oleh masyarakat.

"Seperti sekarang kita membangun stadion. Itu ada update mingguan yang memberikan informasi kepada masyarakat, sudah sampai di mana progres pekerjaannya," kata Anies.

Baca Juga

DPRD Minta Dana Operasional Anies Dipotong untuk Gaji TGUPP

Anies berharap beberapa peraturan teknis direvisi agar dapat mempermudah masyarakat.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI tengah meninjau ulang peraturan yang menyangkut pendaftaran program DP 0 Rupiah fase dua ini.

"Kita menginginkan agar beberapa persyaratan teknisnya dilakukan revisi, sehingga memudahkan bagi masyarakat yang mau berpindah dari sistem pembiayaan tanpa perbankan masuk ke dalam sistem pembiayaan yang menggunakan bank. Ini harus mengimbangkan keduanya," papar Anies.

Gubernur DKI Anies Baswedan saat groundbreaking rumah DP 0 rupiah (MP/Asropih)

Meski demikian, Anies mengaku hal tersebut bukan sesuatu sederhana, namun revisi peraturan perlu dilakukan untuk memudahkan warga.

"Di sisi lain, sisi perbankan dan Sarana Jaya juga aman secara manajemen. Bank DKI juga, tolong jangkau masyarakat sekitar sini, siapkan untuk membantu mereka agar bisa punya akses kepada institusi keuangan," papar Anies.

Sementara itu, Direktur Utama PD Sarana Jaya, Yoori C. Pinontoan, mengatakan bahhwa pada tahun 2019 ini, pihak telah bergabung menjadi anggota United Nation Global Compact melalui Indonesia Global Compact Network (IGCN). Ia mengklaim itu organisasi yang berkomitmen untuk mendorong praktik-praktik bisnis yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDG).

Baca Juga

Buntut Anggaran Lem Aibon Kontroversial, TGUPP Bentukan Anies Dinilai Tak Berguna

"Dengan demikian, pembangunan hunian Nuansa Cilangkap ini tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan, namun juga dapat berpengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek, seperti perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan hunian," kata Yoory. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH