Anies Minta Menteri ATR/BPN Batalkan HGB Tiga Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil untuk membatalkan seluruh Hak Guna Bangunan (HGB) tiga pulau reklamasi yang diberikan kepada pengembang.

Surat permohonan dikirim untuk membatalkan tiga pulau yang dimaksud yakni Pulau C, D, dan G. Surat dengan nomor 2373/-1.794.2 itu ditandatangani oleh Anies pada 29 Desember 2017.

"Jadi, kita sudah banyak lakukan kajian soal ini, memang saya tidak banyak berbicara yang kita lakukan adalah menyusun kebijakan, menyusun langkah-langkah dan semuanya memiliki konstruksi hukum yang solid," kata Anies seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa (9/1).

Semua pertimbangan legal itu, kata Anies, ada di dalam setiap langkah, termasuk ketika memutuskan untuk mengirimkan surat kepada kepala BPN.

"Karena ini kaitannya beliau sebagai kepala BPN, nah di dalam surat itu kita meminta kepada semua dokumen yang pernah kita kirimkan itu ditarik kembali. Jadi, apa pun yang dikerjakan baik yang sudah dikeluarkan maupun yang sedang dalam proses kita minta untuk dihentikan," kata Anies.

Anies menjelaskan, HGB yang sudah keluar ada yang belum jadi, sehingga proses itu yang nantinya akan ditangani karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penyusunan Peraturan Daerah lagi.

"Urutan yang betul harus ada perda zonasinya dulu, baru kemudian kota diatur soal lahannya kita pakai untuk apa. Perda belum ada, tapi sudah keluar HGB ini urutannya nggak bener, loh. Malah kita usulkan tahan sampai proses perda itu keluar baru kemudian susun HGB," kata Anies.

"Bagi yang sudah ke luar HGB ditarik, bagi yang masih proses harus dihentikan," tegasnya. (*)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH