Anies Langsung Kirim Surat Rekomendasi Dua Nama Cawagub DKI ke DPRD Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung menyerahkan surat rekomendasi usulan dua nama baru wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra dan PKS ke DPRD DKI Jakarta.

"Suratnya diterima hari ini maka insyaallah akan diproses kemudian diantarkan langsung ke Dewan agar Dewan bisa bekerja," kata Anies usai menerima surat rekomendasi dua nama baru cawagub DKI di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (21/1).

Baca Juga

Gerindra dan PKS Serahkan Surat Dua Nama Cawagub DKI ke Anies

Dua nama yang disepakati Gerindra dan PKS adalah Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS.

Sebelum ke DPRD DKI Jakarta, Anies terlebih dahulu mengirimkan surat usulan itu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyerahkan sepenuhnya proses pemilihan pengganti Sandiaga Uno ke DPRD DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

Adapun dalam proses nantinya DPRD harus merampungkan tata tertib (tatib) pemilihan wagub, kemudian membentuk panitia pemilihan (panlih), selanjutnya bentuk badan musyawarah (bamus) untuk rapar paripurna.

"Jadi prosesnya kan memang dua partai itu mengusulkan pada gubernur lalu gubernur meneruskan usulan partai pengusung pada Dewan. Lalu Dewan perwakilan rakyat memproses dan lalu lakukan proses pemilihan," papar dia.

Baca Juga

Anies Tunggu Surat Cawagub Baru yang Disepakati PKS dan Gerindra

Anies memastikan surat rekomendasi yang berikan Gerindra dan PKS akan segera diserahkan ke DPRD, seperti surat usulan nama wagub tahun lalu yang diusulkan PKS. Nama wagub sebelumya dikirim PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

"Dan ini pun sama, kita akan proses dan selebihnya ada pada kewenangan di DPRD untuk proses," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH