Anies Lakukan Groundbreaking TIM yang Habiskan Dana Rp1,8 Triliun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulai peletakan batu pertama atau groundbreaking revitalisasi Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJTIM), di selasar kawasan TIM, Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Revitalisasi PKJTIM dalam rangka meningkatkan dan memutakhirkan kawasan menjadi sentra kegiatan kesenian dan kebudayaan bertaraf internasional.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengkalaim bahwa renovasi PKJTIM ini menghabiskan dana hingga Rp1,8 Triliun. Revitalisasi ditarget rampung pada 2021 dan soft opening dapat dilakukan pada Agustus tahun itu.

"Hari ini Ground Breaking dilakukan. Kita sama-sama menyaksikan. Kita berencana untuk membuat TIM menjadi salahsatu pusat kebudayaan bukan hanya untuk Indonesia, tapi juga untuk aasia dan dunia," ujar Anies di lokasi.

Pelaksanaan Groundbreaking revitalisasi TIM Jakarta
Anies melakukan groundbreaking revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat (MP/Asropih)

Revitalisasi TIM sepenuhnya dipercayakan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Perportindo (Jakpro).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Dwi Wahyu Daryoto menuturkan, revitalisasi meliputi perencanaan, pembangunan, serta pengelolaan dan perawatan.

"Visi revitalisasi adalah melahirkan kembali PKJ TIM dengan pengembangan Laboratorium Seni, Etalase Seni, dan Baromater Seni yang dapat menjadi bagian perjalanan wisata seni budaya," jelasnya.

Dwi melanjutkan, konsep yang dibangun adalah keberpihakan terhadap pemajuan kesenian Jakarta. Revitalisasi ini merupakan pelaksanaan Pergub No.68/2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Strategis Daerah dan Kepgub No.1042/2018 tentang Daftar Kegiatan Strategis Daerah.

"PKJ TIM diproyeksikan melahirkan seniman-seniman besar Indonesia dengan tetap melestarikan fungsi dasarnya sebagai taman warga kota," tuturnya.

BACA JUGA: Wiranto Pastikan Tak Ada Upaya Kembalikan Indonesia ke Era Orde Baru

Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Pemprov DKI Gandeng Ratusan Bengkel di Jakarta

Pembangunan tahap 1 meliputi bangunan Masjid Amir Hamzah berlokasi di area Plaza Graha Bhakti Budaya, Gedung Parkir Taman dan Pos Damkar dari bulan Juli hingga Desember 2019.

"Dengan revitalisasi hadir wajah baru Jakarta dengan multibenefit kualitatif, dari mulai prestasi, edukasi, hingga rekreasi," tutup dia.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH