Anies Kucurkan Dana Rp983 Miliar untuk Formula E

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 19 Maret 2021
Anies Kucurkan Dana Rp983 Miliar untuk Formula E
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo di Lapangan Monas, Jumat (20/9/2019). ANTARA/Livia Kristianti/aa. (Antara/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatat Pemprov DKI telah menyetorkan uang sebesar Rp983,31 miliar kepada Formula E Operations (FEO) terkait penyelenggaraan Formula E.

"Total nilai transaksi yang sudah dibayarkan Gubernur Anies Baswedan ke FEO untuk Formula E senilai GBP53.000.000 atau setara Rp983,31 miliar," kata Kepala Perwakilan BPK DKI Jakarta, Pemut Aryo Wibowo di Jakarta, Kamis (18/3).

Baca Juga

Pimpinan DPRD Minta Anies Klarifikasi Soal Nasib Formula E

Dengan rincian, fee yang dibayarkan pada tahun 2019 senilai GBP20.000.000 atau setara Rp360 miliar. Tahun 2020 fee yang dibayarkan senilai GBP11.000.000 atau setara Rp200,31 miliar. Selanjutnya, Bank Garansi yang dibayarkan senilai GBP22.000.000 atau setara Rp423 miliar..

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria memastikan, duit yang sudah dikucurkan Pemerintah DKI untuk perlehatan balap mobil tanpa gas emisi ini tak akan hangus.

"Rekomendasi BPK terkait Formula E sudah kita sampaikan bahwa Formula E yang uangnya sudah kita keluarkan itu tetap ada," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (18/3) malam.

Uji coba pengaspalan sirkuit Formula E di Monas. (Foto: MP/Kanugrahan)
Uji coba pengaspalan sirkuit Formula E di Monas. (Foto: MP/Kanugrahan)

Politikus senior Gerindra ini mengatakan, event Formula E bakal digelar pada tahun depan jika tidak ada masalah. Perlombaan bergensi Fomula E ini yang sedianya dihelat 2020 tertunda karena wabah COVID-19.

"Nanti akan dilaksanakan direncanakan Insya Allah kalau tidak ada halangan di tahun 2022," ungkapnya.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini mengatakan, jika event Formula E di Jakarta akan tetap berlangsung, sebab sudah diusulkan oleh Gubernur Anies dan sudah direncanakan secara matang.

"Studi visibility dan sebagainya ada konsultan dan ngevek semuanya sudah berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada, kita tunggu pelaksanaannya," tutupnya. (Asp)

Baca Juga

PSI Ungkap Tiga Kejanggalan Anggaran Formula E

#Breaking #Formula E #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan