Anies: Korban Kecelakaan di Jalan Mayoritas Ekonomi Lemah Ilustrasi jenazah korban meninggal dunia. foto: Istockphoto

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan angka kecelakaan lalu lintas yang berjumlah 28.000-38.000 setiap tahun di Indonesia dengan mayoritas korban pengendara kendaraan bermotor roda dua yang berasal dari kelompok miskin dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.

"Dampaknya bagi keluarga-keluarga yang menitipkan pilar perekonomiannya kepada saudaranya, kepala keluarganya yang menjadi pencari nafkah dan mereka yang selalu paling sering menghadapi masalah akibat kecelakaan di jalan raya," kata Anies, saat memimpin acara Apel Gelar Pasukan Operasi Lintas Jaya 2019 di Lapangan Eks IRTI, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (11/2).

Gubernur Anies Baswedan (MP/Asropih)

Dalam sambutanya, Anies menekankan Operasi Lintas Jaya 2019 sebagai upaya untuk mewujudkan kota Jakarta yang tertib, rapi, dan ramah dalam berlalu-lintas. "Sekaligus ini menjawab pentingnya keselamatan jalan berkaitan dengan budaya tertib lalu lintas kepada para pengguna, dan akses teknis di kendaraan," ujar dia.

Mendekati momen Pemilu 17 April mendatang, Anies juga berharap Operasi Lintas Jaya 2019 akan mampu mewujudkan ketertiban lalu lintas ibu kota, sehingga meningkatkan citra positif Jakarta di mata nasional maupun internasional.

Gubernur juga menyebut Jakarta merupakan wilayah yang relatif kecil dilewati jutaan warga ibu kota dan sekitarnya untuk menggerakkan perekonomian. Karena itulah, keberhasilan dalam mengelola transportasi akan berdampak besar pada bagaimana masyarakat menjalankan hajat hidupnya dan bagaimana perekonomian di Indonesia dapat bergerak. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH