Anies Klaim Program Naturalisasi Rendahkan Polusi Air Sungai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan saat ini Pemprov DKI tengah melakukan pengerjaan naturalisasi sungai. Program naturalisasi itu akan tampak hasilnya pada akhir tahun ini.

Lanjut dia, pengerjaan naturalisasi bertujuan menghidupkan kembali ekosistem sungai. Nantinya kali yang dinaturalisasi airnya jernih dan makhluk di dalamnya bisa hidup terjaga.

"Kalau makhluk-makhluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah. Itu yang akan kita lakukan," kata Anies di Jakarta, Kamis (2/5).

Sementara itu, untuk menangani banjir di ibu kota, orang nomor satu di Jakarta itu berencana membangun tanggul di pesisir Jakarta. Sedangkan untuk mengatasi banjir pihaknya membuat program drainase vertikal.

Anies
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

"Wilayah-wilayah yang tanah-tanahnya itu mampu menyerap air, di situ kita bangun program drainase vertikal dan sungai-sungai yang sekarang ada itu," jelasnya.

Proyek Naturalisasi sungai ini beberapa kali digaungkan oleh Gubernur Anies sejak beberapa waktu lalu. Seperti ketika meninjau banjir di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan yang disebabkan tanggul di wilayah tersebut jebol pada pertengahan Desember 2017.

Pada pemimpin Jakarta sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memakai istilah normalisasi sungai untuk menangani banjir. Sungai dikeruk dan merelokasi warga yang tinggal di bantara sungai.

Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, menegaskan bahwa naturalisasi sungai berbeda dengan normalisasi. Naturalisasi sungai tidak akan menggusur rumah warga di bantaran sungai. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH