Anies Kerahkan 2.100 Petugas untuk Jaga Kebersihan Selama Perayaan Natal

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 19 Desember 2021
Anies Kerahkan 2.100 Petugas untuk Jaga Kebersihan Selama Perayaan Natal
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau dikenal dengan sebutan Pasukan Oranye. Foto: Antara

MerahPutih.com - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, peralatan, hingga armada penanganan sampah saat perayaan Natal di ibu kota.

Dinas Lingkungan Hidup juga menurunkan kurang lebih 2.100 petugas untuk menjaga kebersihan Jakarta dan menjamin tidak terjadi penumpukan sampah selama perayaan Natal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, kesiapan penanganan kebersihan selama Natal tetap diskenariokan seperti saat normal.

Baca Juga:

Selama Natal dan Tahun Baru 2022, KRL Beroperasi Mulai Pukul 04.00 WIB

“Seluruh suku dinas tingkat kota administrasi dan satuan pelaksana lingkungan hidup di tiap kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” kata anak buah Gubenur Anies Baswedan ini.

Dia mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup menurunkan minimal 50 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Mereka ditugaskan memastikan Natal dan rangkaian perayaannya berlangsung dengan baik di setiap gereja.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobil, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

Baca Juga:

Pemprov DKI Selenggarakan Christmas Market Meriahkan Natal

Tak cuma itu, Dinas Lingkungan Hidup juga mengerahkan Regu Comot di lingkungan gereja bekerja sama dengan petugas prasarana dan sarana umum (PPSU) kelurahan terkait.

Asep melanjutkan, terutama untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal. Misalnya di Gereja Katedral dan Emanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

“Gereja-gereja diimbau melalui SE Kementrian Agama No 33 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 pada Perayaan Natal Tahun 2021 bahwa saat menggelar ibadah natal dilaksanakan secara hybrid yaitu secara berjamaah/kolektif di gereja dan secara daring. Namun, skenario kami tetap pelayanan optimal, tentu petugas menggunakan APD yang memadai,” kata Asep. (Asp)

Baca Juga:

Rekomendasi Hadiah Natal Romantis Anti 'Cringe" untuk Pasangan

#Natal #Dinas Kebersihan DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan