Anies Janji Bangun 10 Stadion Baru, Salah Satunya di Banjarmasin

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 06 Desember 2023
Anies Janji Bangun 10 Stadion Baru, Salah Satunya di Banjarmasin
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat berdialog dengan warga di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). (ANTARA/HO-Media Timnas Amin)

MerahPutih.com - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mendukung perkembangan sepak bola di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jika terpilih jadi presiden, Anies berjanji untuk membangun stadion bernama Wasaka International Stadium di Kota Banjarmasin yang bisa menjadi markas klub sepak bola Barito Putera.

"Mari kita kembalikan Barito Putra untuk bisa kembali bermain di Banjarmasin," kata Anies saat berdialog dengan warga di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12).

Baca Juga:

Anies Jadwalkan Berkampanye ke Daerah 3T

Dari informasi yang ia dengar, Barito Putera, yang merupakan klub asal Banjarmasin, harus menjalani kompetisi di luar wilayah karena keterbatasan tempat bermain. Klub sepak bola tersebut menggunakan Stadion Demang Lehman yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Anies menjelaskan bahwa nama Wasaka merupakan akronim dari "Waja Sampai Kaputing" yang merupakan kalimat pepatah asal daerah setempat.

Menurut dia, sebuah stadion dibangun bukan hanya untuk pertandingan sepak bola saja, namun juga untuk kegiatan budaya, hingga seni. Karena itu, dia menilai stadion harus mampu menjadi wahana yang mempersatukan seluruh kelompok masyarakat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin Wasaka International Stadium bisa dibangun di Banjarmasin. Karena dia mengaku telah berhasil membangun Jakarta International Stadium, walaupun banyak orang-orang yang pesimis.

"Kita melawan semua orang-orang yang pesimis bahwa stadion itu bisa dibangun. Dan sekarang justru jadi salah satu stadion terbaik di dunia, itu ada di Jakarta. Jadi insyaallah catat, itu Wasaka International Stadium," katanya, dikutip Antara.

Baca Juga:

Anies Janjikan Penyederhanaan Tata Kelola Pupuk

Dia mengatakan rencana pembangunan stadion itu bukan hanya di Banjarmasin. Namun Anies mengatakan jika terpilih menjadi presiden, dirinya berjanji untuk membangun stadion di 10 kota lainnya di Indonesia.

"Nah itu diumumkannya nanti, jangan sekarang. Satu per satu aja pengumumannya," kata dia.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (*)

Baca Juga:

Surat Anies Kepada Disabilitas

#Anies Baswedan #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan