Anies: Jakarta Banjir Karena Limpahan dari Depok dan Tangerang Gubernur DKI Jakarta (MP/Kanugraha_

Merahputih.com - Gubernur DKI Anies Baswedan menilai, banjir yang terjadi di kawasan Jakarta belakangan ini merupakan limpahan dari kawasan penyangga Jakarta.

Menurut Anies, beberapa kawasan yang 'menyumbang' banjir seperti di Tangerang Selatan, Depok, dan Bekasi.

"Jadi memang saat ini menerima limpahan air dari hulu yang volumenya besar. Dan di Jakarta kita bersyukur sekali bahwa permukaan air laut pukul 8 pagi turun," kata Anies di Jakarta, Sabtu (27/8).

Anies melanjutkan, jika permukaan air laut kemarin tidak turun maka aliran yang turun dari pegunungan akan berhenti di Jakarta. "Karena tidak bisa dialirkan jadi kita memantau terus," jelas Anies yang mengenakan baju polo shirt berwarna abu-abu ini.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

Anies menjaskan, semua petugas tengah bersiaga dan setiap ada pergerakan air laut langsung melakukan perubahan pintu air. "Sehingga aliran air dari hulu bisa segera tuntas," imbuh Anies.

Anies menuturkan, salah satu solusinya memang harus pengendalian air dari hulu. Selama volume air dari hulu tidak dikendalikan maka dua tahun lagi banjir bisa meluas.

"Jadi ini semua terjadi karena air dari hulu, ke pesisir tidak dikendalikan," kata dia

Cara mengendalikannya, lanjut Anies adalah dengan membangun bendungan untuk kemudian dialihkan secara bertahap.

"Kemudian volume turun ke pesisir bisa dikontrol. Sekarang proses pembangunan sedang berjalan. ada berhubungan. Ciawi dan Sukamahi. Targetnya bulam Desember selesai," imbuh dia. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH