Anies: Gedung Pencakar Langit Tak Taat Aturan karena Serakah

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah gencar menggelar razia gedung-gedung tinggi di Jakarta terkait instalasi pengelolaan limbah dan air tanah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pelanggaran yang sering dilakukan oleh pengelola gedung di Ibu Kota disebabkan karena sifat mereka yang tak pernah puas oleh pendapatan yang diterima. Bahkan, dia menyebut sifat itu seperti orang yang serakah.

"Di belakang, gedung pencakar langit tidak menaati aturan karena keserakahan. Itu yang saya rasakan selama bertugas di DKI," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (13/3).

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menuturkan, pihaknya belum memikirkan sanksi terhadap mereka yang melanggar peraturan soal resapan air. Menurut dia, hal itu lebih baik mereka melakukan intropeksi dan tidak mengulangi perbuatannya kembali.

"Yang paling penting adalah berubah. Pengelola gedung merubah cara kerjanya. Dengan itu tujuan kita tercapai, karena tujuan aturan bukan menemukan pelanggar, tapi membentuk perilaku," ungkapnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan telah melakukan sidak di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, pada Senin (12/3). Sidak ini dimaksudkan untuk meninjau instalasi pengelolaan limbah dan air tanah di hotel itu.

"Disini terlihat banyak sekali ketentuan-ketentuan bahkan ketentuan perundangan yang tidak ditaati," ujar Anies di lokasi, Senin (12/3). (Asp)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH