Anies dan Riza Rutin Swab Test COVID-19 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir mengklaim bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria secara rutin melaksanakan tes COVID-19.

"Beliau pasti melakukan swab setiap waktu," ujar Chaidir saat dikonfirmasi, Kamis (17/9).

Baca Juga

2 Anak Buah Anies Positif Corona, Gedung Blok G Balai Kota Disemprot Disinfektan

Chaidir menegaskan, tidak mungkin pemimpin kebijakan tak sering memeriksa tes corona. Sebab, meraka yang setiap hari bertemu masyarakat dan setiap waktu berhadapan dengan penyakit COVID-19.

"Gak mungkin kan beliau pejabat tertinggi, pejabat utama, pejabat pembina kepegawaian dan sbg pejabat kepala daerah," paparnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan kepada awak media terkait kebakaran Kantor Kejaksaan Agung RI, di Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020) (ANTARA/Fianda SR)  KOMENTAR
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan kepada awak media terkait kebakaran Kantor Kejaksaan Agung RI, di Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020) (ANTARA/Fianda SR) KOMENTAR

Tapi, lanjut Chaidir, dirinya tidak mengetahui pasti setiap berapa hari sekali pempinan Pemprov DKI itu melakukan tes COVID-19. Karena itu kewenangan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI.

"Nah itu dinkes yang tau periodenya, kepala BKD gak tau teknis kesehatannya," jelasnya.

Sementara itu apakah ada pengetatan tamu ke Balaikota bertemu Anies dan Riza setelah wafatnya Sekda DKI Saefullah. Menurutnya mereka harus menjalani protokol kesehatan dengan mencuci tangan pakai sabun, cek suhu tubuh, dan jaga jarak saat bertemu pimpinan.

"Yang datang pasti orang sehat. Beliau yang tamu tamu itu sudah tes sendiri, secara pribadi," papar dia.

Baca Juga

Terjadi Lonjakan Penambahan Pasien COVID-19 di RS Wisma Atlet

Chaidir melanjutkan, kedatangan tamu ke Balai Kota tak perlu menunjukan bukti bahwa sudah melaksanakan tes COVID-19. Sebab dikatakan lagi orang yang datang sudah dipastikan ia sehat.

"Sejauh itu sehat, tidak ada masalah, kan penyebaran covid melalui droplet, droplet melalui komunikasi tanpa tutup mulut. Jamgan salah persepsi," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropihs


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH