Anies Curigai Motif Politik DPRD Ketok Harga Tiket MRT Rp8.500 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - DPRD DKI Jakarta telah mengetok besaran tarif kereta cepat Moda Raya Terpadu (MRT) dengan diputuskan harga rata-rata tarif MRT Rp8.500 per 10 Kilometer.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meminta kepada anggota Legislatif Kebon Sirih untuk tidak menetapkan harga MRT ingin mendapat kepuasan masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Kebetulan diselenggarakannya 3 Minggu sebelum pemilu, tapi jangan pengambilan keputusannya (tarif MRT) karena mau pemilu," kata Anies di Jakarta Barat, Selasa (26/3).

Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang berada di Stasiun Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumatra Selatan. (ANTARA/Nova Wahyudi/RT)
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang berada di Stasiun Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA/Nova Wahyudi/RT)

Menurut Anies, dalam menentukan harga tiket kereta kekinian itu harus dipikirkan untuk jangka waktu yang panjang dan perhitungan berbagai aspek lainnya. Salah satu contohnya, seperti tarif Transjakarta sebesar Rp3.500 yang tak pernah berubah sejak 2004 lalu.

Untuk itu, lanjut Anies, Pemprov DKI akan berunding dengan anggota DPRD DKI Jakarta terkait pembahasan harga tiket kereta api bawah tanah pertama di Indonesia itu.

"Ini adalah keputusan yang terkait dengan keputusan jangka panjang, itu sebabnya saya akan bahas lebih jauh dengan dewan," tutur Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memastikan, pada saat sudah beroperasi secara komersial pada 1 April nanti sudah diputuskan tarif resminya.

"Kita masih ada waktu, toh ini masih belum beroperasi secara komersial jadi saya masih akan bicara dengan dewan, mudah-mudahan sesegera mungkin," pungkasnya.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Foto: MP/Asropih

Seperti diketahui, DPRD DKI Jakarta telah menetapkan tarif rata-rata Ratangga MRT seharga Rp8.500. Harga itu diputuskan untuk jarak perjalanan MRT per 10 kilometer.

"Akhirnya kita putuskan harga tiket MRT senilai Rp8.500," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (25/3) kemarin. (Asp)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH