Anies Canangkan Pembangunan Simpang Temu Lebak Bulus, Target 10 Bulan Rampung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) mencanangkan pembangunan simpang temu di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (8/12). Foto: MP/Humas Pemprov DKI

MerahPutih.com - Dalam mewujudkan kawasan integrasi antarmoda transportasi yang masif di Jakarta, Pemprov DKI mencanangkan pembangunan simpang temu di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Simpang temu ini diproyeksikan menjadi media penghubung pejalan kaki dari Stasiun MRT Lebak Bulus menuju titik transit kawasan di Transit Plaza, Lebak Bulus.

Baca Juga

Anies Terapkan PPKM Level 3 di Jakarta Selama Libur Nataru, Sederet Kegiatan Diperketat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pembuatan simpang susun diharapkan memberikan kemudahan bagi pengguna transportasi publik, dan pejalan kaki yang melakukan kegiatan transit.

"Ini juga sekaligus mendukung terwujudnya integrasi antarmoda di kawasan tersebut yang merupakan pertemuan berbagai moda transportasi seperti MRT Jakarta, Transjakarta, dan transportasi daring," ujar Anies.

Melalui pembangunan ini, Anies ingin mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum yang lebih bebas emisi melalui moda MRT. Alasan tersebut dikarenakan pembangunan ini merupakan salah satu fase penting dalam proses transformasi Jakarta menuju kota yang resilience dan kota yang mengadopsi prinsip pembangunan berkelanjutan.

"Kita menginginkan warganya dapat tinggal dengan nyaman, dan ada kemudahan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya melalui moda transportasi yang terpadu dan terkoneksi di Simpang Temu Lebak Bulus ini," jelas Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) mencanangkan pembangunan simpang temu di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021). Foto: MP/Humas Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) mencanangkan pembangunan simpang temu di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021). Foto: ANTARA/Humas Pemprov DKI

Pihak swasta yang ikut berperan dalam pembangunan ini seperti PT Intiland Development dan PT Inti Menara Jaya yang telah berkolaborasi dengan MRT Jakarta.

Baca Juga

Anies Minta Pembangunan Sumur Resapan Tidak Membahayakan Orang Lain

PT MRT Jakarta sendiri menjadi pengelola Kawasan Berorientasi Transit (KBT) Lebak Bulus, dan bertugas memonitor proses pengajuan perizinan, serta melakukan pemantauan dalam proses pembangunan yang dilakukan oleh PT Inti Menara Jaya. Pembangunan ditargetkan akan berlangsung selama kurang lebih 10 bulan setelah pencanangan.

"Semoga pembangunan ini dapat selesai dibangun sesuai target yang sudah direncanakan, sehingga dapat segera digunakan dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat luas untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya," pungkas Anies.

Perlu diketahui, Pembangunan Simpang Temu Lebak Bulus adalah bentuk realisasi pengembangan Kawasan Berorientasi Transit (KBT) Lebak Bulus sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 57 Tahun 2020 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Lebak Bulus, di mana PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapat penugasan untuk pengembangan lokasi KBT lainnya di Dukuh Atas, Blok M, Senayan, Fatmawati, dan Lebak Bulus.

Simpang Temu Lebak Bulus juga merupakan salah satu proyek Realisasi Pembangunan Infrastruktur Prioritas di KBT sesuai PRK berdasarkan Instruksi Gubernur Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

Simpang Temu ini akan menyediakan titik transit multi moda dari stasiun MRT Lebak Bulus berupa jembatan interkoneksi sepanjang kurang lebih 200 meter menuju Transit Plaza yang memiliki fasilitas pendukung berupa parkir sepeda, kiss and ride, pemberhentian Transjakarta , dan pemberhentian transportasi daring di dalam area taman seluas kurang lebih 2.000 m2. (Asp)

Baca Juga

Anak Buah Anies Tegur Kontraktor Sumur Resapan

Penulis : Asropih Asropih
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kasus Rumah DP 0 Rupiah Jadi Pelajaran untuk Bebaskan Lahan Bantaran Ciliwung
Indonesia
Kasus Rumah DP 0 Rupiah Jadi Pelajaran untuk Bebaskan Lahan Bantaran Ciliwung

Kejadian-kejadian sebelumnya menjadi pelajaran bagi kita semua

Sore Ini, Anggota DPR Datangi Rumah Andika Perkasa
Indonesia
Sore Ini, Anggota DPR Datangi Rumah Andika Perkasa

Calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dalam paparan di Komisi I mengungkapkan visi 'TNI adalah kita'

Ini 7 Sektor Strategis Pembangunan Papua 2021-2022
Indonesia
Ini 7 Sektor Strategis Pembangunan Papua 2021-2022

Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo menegaskan, pihaknya siap berkontribusi dan akan mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam membangun kesejahteraan di Papua.

7 Kota di Jatim Alami Hari Tanpa Bayangan
Indonesia
7 Kota di Jatim Alami Hari Tanpa Bayangan

Fenomena alam tersebut dialami Pacitan, Trenggalek, Blitar, Kepanjen Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. Fenomena ini tak terjadi setiap saat. Fenomena tersebut mengartikan bahwa sumbu rotasi Bumi miring 66,6° terhadap ekliptika.

Wagub DKI Ungkap Alasan Live Musik Diizinkan Kembali Beroperasi
Indonesia
Wagub DKI Ungkap Alasan Live Musik Diizinkan Kembali Beroperasi

"Di situ ada pemain musiknya, ada penyanyinya, dan sebagainya. Yang selama setahun ini tidak mendapatkan pekerjaan seperti biasanya," ujar Riza

Anggota DPRD Nilai Gengsi Jadi Alasan Anies Banding soal Kali Mampang
Indonesia
Anggota DPRD Nilai Gengsi Jadi Alasan Anies Banding soal Kali Mampang

"(Banding itu) Akhirnya apa? Yang dicari benar dan salah, di atas benar dan salah itu ada namanya gengsi, (karena) 'gue kalah nih!'," ujar Syarif di Jakarta, Rabu (9/3).

Hasil Seleksi SKD Pelamar CASN Disiarkan di Kanal YouTube
Indonesia
Hasil Seleksi SKD Pelamar CASN Disiarkan di Kanal YouTube

Prosedur pelaksanaan tes SKD menggunakan metode computer assisted test ???????(CAT) dan berdasarkan Surat Edaran Kepala BKN No. 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Kemenkes Sematkan Jaktim Masuk PPKM Level 1, Begini Jawaban Wagub Riza
Indonesia
Kemenkes Sematkan Jaktim Masuk PPKM Level 1, Begini Jawaban Wagub Riza

"Level 1 artinya penularan tidak terjadi, namun ada keterbatasan penerapan upaya pencegahan penularan. Atau, ada kasus tapi masih dapat dikendalikan melalui tindakan efektif di sekitar kasus atau klaster kasus," papar Riza.

Eks Bos Sarana Jaya Segera Diadili
Indonesia
Eks Bos Sarana Jaya Segera Diadili

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan berkas perkara eks Dirut Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontoan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Jokowi Sambut Kedatangan PM Papua Nugini
Indonesia
Jokowi Sambut Kedatangan PM Papua Nugini

Sejumlah rangkaian penyambutan kenegaraan dilakukan, mulai dari saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor.