Anies-Cak Imin Bakal Evaluasi Total Program Kartu Prakerja

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 08 Desember 2023
Anies-Cak Imin Bakal Evaluasi Total Program Kartu Prakerja
Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar menjawab pertanyaan media di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/12/2023). ANTARA/ Donny Aditra

MerahPutih.com - calon presiden (capres) Anies Baswedan dan calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengkritisi program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kartu Prakerja.

Cak Imin mengatakan, dia dan Anies akan mengevaluasi total program Kartu Prakerja jika memenangi Pilpres 2024.

Menurut Cak Imin, Kartu Prakerja perlu dievaluasi karena belum efektif menjadikan masyarakat sebagai pekerja andal.

Baca Juga:

Kelanjutan Program Kartu Prakerja Tunggu Pemerintahan Mendatang

"Program Kartu Prakerja sayangnya hanya menghasilkan orang yang cuma menonton YouTube," kata dia setelah mengukuhkan sukarelawan Satu Juta Jubir Desa Anies-Muhaimin (AMIN) di Depok, Jawa Barat, Kamis (7/12), seperti dikutip Antara.

Cak Imin mengatakan, ide dasar program Kartu Prakerja merupakan cara-cara pengembangan saat calon pekerja menjalani periode transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Dengan Kartu Prakerja, calon pekerja diharapkan dapat terserap oleh industri.

Evaluasi yang akan dilakukan Cak Imin dimulai dari memperbanyak kerja sama dengan dunia industri dan pembiayaan magang kerja yang akan dibantu pemerintah.

"Orang tidak bisa hanya belajar dengan melihat dan mencatat tapi harus praktik. Jadi tidak perlu lama-lama, tiga, empat, enam bulan cukup," ujar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Baca Juga:

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 62 Telah Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Lebih lanjut, dia mengatakan tidak ingin mengomentari terkait adanya dugaan penyelewengan dana program tersebut.

"Biar itu urusan kejaksaan dan KPK," katanya.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (*)

Baca Juga:

Uang Bantuan Kartu Prakerja Naik Jadi Rp 4,2 Juta

#Muhaimin Iskandar #Anies Baswedan #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan