Anies Bertemu AHY, PKB Singgung PT 20 Persen

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 07 Oktober 2022
Anies Bertemu AHY, PKB Singgung PT 20 Persen
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA/HO-Partai Demokrat)

MerahPutih.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merespons positif pertemuan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ya bagus, bagus (pertemuan Anies-AHY), enggak ada masalah,” kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (7/10).

Pria yang karib disapa Gus Jazil ini mengatakan, PKB sudah menjalin koalisi dengan Partai Gerindra. Koalisi PKB-Gerindra sudah cukup untuk mengusung capres dan cawapres.

Baca Juga:

AHY soal Pertemuan dengan Anies: Kita Ingin Indonesia Semakin Maju

"Bagi PKB kan, kita kan juga sudah koalisi dengan Gerindra, ya sudah cukup (presidential threshold)," ujarnya.

Gus Jazil mengingatkan raihan suara Demokrat dan Partai NasDem masih belum memenuhi ambang batas pencalonan presiden bila ingin mengusung Anies-AHY pada Pilpres 2024.

"Kalau Mas Anies bertemu berdua dengan Pak AHY belum cukup, untuk ambang batas belum cukup. Artinya NasDem-Demokrat belum memenuhi ambang batas, masih perlu satu partai lagi,” kata Gus Jazil.

Baca Juga:

Anies Beri Sinyal Pilih AHY jadi Cawapres

Untuk diketahui, dalam Undang-Undang Pemilu setiap capres dan cawapres yang diusulkan partai politik haruslah memenuhi persyaratan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden
sebesar 20 persen.

Sementara Partai NasDem dan Partai Demokrat dalam Pemilu 2019 hanya mendapat suara 9,05 persen dan 7,77 persen, sehingga belum cukup untuk mengusung capres dan cawapres. (Pon)

Baca Juga:

Tiba di DPP Partai Demokrat, Anies Disambut AHY

#NasDem #Partai Nasdem #Partai Demokrat #PKB #Partai Politik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan