Anies Bersyukur Banjir Kiriman Jakarta Tak Dibarengi Naiknya Air Laut Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2019 (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersyukur air laut tak naik saat banjir kiriman melanda ibu kota. Sebab jika bencana itu berbarengan dengan banjir kiriman maka Jakarta akan parah terkepung banjir.

"Bila dari bogor kiriman airnya banyak lalu lautnya pasang, maka air itu akan berhenti di Jakarta dan menimbulkan banjir besar. Kita bersyukur itu tidak terjadi tadi pagi Insya Allah ini juga tidak terjadi di malam ini dan besok," ujar Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Anies juga bersyukur fase tingkat akhir di pintu air Manggarai sudah terlewati sehingga air bisa surut. Meski demikian, lanjut dia, pihaknya terus melakukan mengecek ke lapangan melihat kondisi air.

Mulai dari Katulampa hingga ke pemukiman yang memiliki potensi genangan.

"Ya memang sunnatullahnya begitu, biasanya begitu kalau sudah sore dia akan naik (air lautnya). Tapi kita bersyukur bahwa volume air puncak sudah lewat paling tidak kita pantau di pintu air manggarai," jelasnya.

Banjir di Jakarta. Foto: BPBD DKI Jakarta

Seperti diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, setidaknya ada 17 titik lokasi banjir usai siaga 1 dua bendungan tersebut. Demikian dikutip dari laman bpbd.jakarta.go.id, Jumat (26/4).

Di wilayah Jakarta Selatan, titik lokasi banjir tersebar di RW 07 Kelurahan Lenteng Agung, RW 01 Kelurahan Srengseng Sawah, RW 01 Kelurahan Pengadegan, RW 07 Kelurahan Rawajati, RW 05, 06, 07, 08 Kelurahan Pejaten Timur, dengan ketinggian banjir sekitar 20 cm hingga 170 cm.

Sementara wilayah Jakarta Timur mencakup RW 02, 05, 08 Kelurahan Cawang, RW 05 Kelurahan Balekambang, RW 04, 05, 08 Kelurahan Kampung Melayu, RW 07, 11 Kelurahan Bidara Cina dengan ketinggian banjir mencapai 20 cm hingga 100 cm. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH