Headline

Anies Berharap Pemilihan Wagub DKI Tidak Ditunda Sampai Tahun Depan

Eddy FloEddy Flo - Senin, 22 Juli 2019
 Anies Berharap Pemilihan Wagub DKI Tidak Ditunda Sampai Tahun Depan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti anggota DPRD agar lebih cepat merampungkan pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) yang sudah hampir 11 bulan lowong.

Harapan Anies terhadap DPRD itu beralasan, lantaran sampai sekarang proses pemilihan pengganti Sandiaga Uno itu masih berlarut-larut. Bahkan, Anies mencemaskan penuntasan kursi Wagub DKI Jakarta berpeluang selesai tahun depan.

Baca Juga: Entah Agung atau Syaikhu, Anies Siap Terima Siapapun Wagub DKI Jakarta

Hal tersebut ditegaskan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu karena pada hari ini Senin 22 Juli 2019 jadwal rapat paripurna pemilihan Wagub DKI batal digelar.

Pansus DPRD DKI terkait Wagub
Panitia Khusus (Pansus) pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta menggelar rapat perdana dengan Kemendagri. Foto: MP/Asropih

"Jangan tahun depan dong," kata Anies usai rapat paripurna dengan DPRD DKI di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/7).

Namun Anies kembali mengatakan bahwa pemilihan orang nomor dua di Jakarta bukan ada di tangannya. Kewenangan persoalan Wagub DKI ada di DPRD DKI Jakarta.

"Gubernur tidak memilki kewenangan sedikitpun UU nya tidak sedikitpun memberikan kewenangan pada gubernur," jelasnya.

Baca Juga: Melihat Progres Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta

Menurut dia, tugas gubernur hanya menerima surat usulan dari partai pengusung terkait nama calon Wagub. Kemudian surat usulan tersebut dikirim ke Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menaruh kepercayaan kepada Dewan Parlemen Kebon Sirih untuk secepatnya menuntaskan pemilihan Wagub DKI.

"Itu 100 persen ada pada partai pengusung dan pada dewan. tugas saya sudah ditunaikan begitu terima surat lngasung says antarkan. Jadi kita lihat aja semoga akan tuntas," tutupnya.(Asp)

Baca Juga: Menteri Tjahjo Sentil DPRD Soal Wagub DKI Jakarta

#Anies Baswedan #Wakil Gubernur DKI Jakarta #DPRD DKI Jakarta #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan