Anies Benarkan Usulkan Karantina Wilayah ke Presiden Jokowi Anies Baswedan saat pengumuman status tanggap darurat virus corona di ibu kota. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membenarkan bahwa telah mengirimkan usulan untuk melakukan karantina wilayah kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Kami di DKI memang mengusulkan itu. Saya sampaikan surat," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (30/3).

Baca Juga:

Penanggulangan COVID-19 Jangan Sampai Melanggar HAM

Dalam usulan itu, Anies menerangkan, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam melakukan lockdown itu yakni soal kebutuhan ekonomi, kesehatan, dan komunikasi.

Anies benarkan usulkan karantina wilayah kepada Presiden Jokowi
Anies Baswedan usulkan karantina wilayah kepada Presiden Jokowi (MP/Asropih)

"Dalam usulan kami kami sebutkan ada beberapa sektor yang berkegiatan, pertama energi, pangan, kesehatan, komunikasi, keuangan itu yang kita pandang perlu," tutur dia.

Kendati demikian, mantan Mendikbud ini menyatakan tak bisa melaksanakannya sendiri karena karantina wilayah merupakan wewenang Pemerintah Pusat.

"Keputusan mengenai karantina wilayah ada di Pemerintah Pusat," tutupnya.

Baca Juga:

Pernah Kontak dengan Pasien Positif COVID-19, Achmad Purnomo Jalani Isolasi Mandiri

Seperti diketahui, Menkopolhukam Mahfud MD mengungkapkan, bahwa Gubernur Anies Baswedan telah mengajukan surat tentang karantina wilayah ibu kota kepada Presiden Jokowi untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Ya, suratnya bernomor 143 tertanggal 28 Maret 2020. Pemerintah menerima surat diterima tanggal 29 Maret 2020 sore," kata Mahfud MD, Senin (30/3).(Asp)

Baca Juga:

Saran Rizal Ramli ke Jokowi Atasi COVID-19: Jangan Gengsi

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH