Anies Bawa Kasus Ratusan Bus TransJakarta Mangkrak ke BPK

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 30 Juli 2019
Anies Bawa Kasus Ratusan Bus TransJakarta Mangkrak ke BPK
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akan bertemu dengan pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menyampaikan duduk perkara terbengkalai pengadaan ratusan bus TransJakarta pada tahun 2013 lalu.

"Nanti saya bertemu BPK juga," kata Anies, usai memberikan pengarahan dalam kegiatan Temu Kader PKK Provinsi DKI di Gedung Jakarta International Veledrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (30/7).

Baca Juga: BPK Sarankan Anak Buah Anies Gugat Perusahaan Penyedia Transjakarta

Pemprov DKI berniat untuk mengajukan gugatan ke pengadilan untuk meminta pengembalian uang muka penyediaan bus Transjakarta dari para perusahaan. Hal itu untuk menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan BPK tahun 2017.

Para perusahaan itu tidak mengembalikan uang muka pengadaan bus sebesar 20 persen yang telah dibayarkan Pemprov DKI. Pasalnya pengadaan bus transjakarta tahun 2013 diketahui bermasalah. Kejaksaan Agung menemukan adanya korupsi dalam proyek pengadaan bus transjakarta tahun itu.

transjakarta
Bus Transjakarta (MP/Arie Majorca)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun menyampaika akan mengikuti semua arahan yang disarankan oleh BPK terkait persoalan kasus pengadaan TransJakarta itu. "Kita akan mengikuti semua yang diarahkan oleh BPK karena itu semua sudah ada laporan di BPK," tuturnya.

Seperti diketahui, PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) tak mau mengembalikan uang muka atau DP yang sudah dibayarkan Pemprov DKI saat pembayaran pengadaan bus TransJakarta p afa tahun 2013 lalu.

Baca Juga: PT INKA Tak Mau Kembalikan Uang Muka Pemprov DKI Soal Pengadaan Bus TJ

kata Senior Manager Humas, Sekretariat, dan Protokoler PT INKA, Hartono menjelaskan, pihaknya telah melalui rangkaian tender penyediaan armada TransJakarta tersebut secara resmi, tanpa ada kongkalikong dengan pihak Pemprov DKI.

"INKA sudah mendapatkan uang muka. Nah ini INKA kan maunya kalau itu dibatalkan, kan bukan dari kita yang membatalkan. Ya, INKA maunya enggak mengembalikan uang muka dong," kata Hartono saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/7). (Asp)

Baca Juga: Selamat Tinggal Era Bus Konvesional TransJakarta

#Anies Baswedan #BPK #TransJakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan