Anies Batal Hadiri Hari Pers Nasional karena Urus Banjir Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, batal hadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2). Padahal, ia telah mengantongi tiket pesawat.

Ketidakhadirannya ke HPN karena Anies masih mengurus masalah banjir di ibu kota. Selain itu, mantan rektor Paramadian tersebut menyebutkan bahwa Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan DKI Jakarta Dian Ekowati tak bisa hadir dalam acara tersebut, karena harus mendampingi ia atasi masalah banjir di Jakarta.

"Saya itu sudah punya tiket berangkat ke Padang. Sebenarnya saya berangkat kemarin kemudian ikut peringatan hari pers. Tapi, Jakarta ada musibah banjir, lalu kita putuskan saya tidak berangkat," ujar Anies di kawasan Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (9/2).

"Begitu juga Bu Dian yang harusnya berangkat juga tidak berangkat. Seluruh tim kita di Jakarta. Jadi saya berasal tahun ini tidak bisa berangkat ke Padang mengikuti puncak hari pers nasional," sambungnya.

Meski begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) kepada wartawan. Anies juga ucapkan terima kasih kepada wartawan yang sudah ikut menjaga proses demokrasi.

"Saya berharap agar pilar keempat demokrasi ini bisa terus menjaga independensi, bisa terus menjunjung tinggi objektivitas, memberikan informasi yang mencerahkan, mencerdaskan dan membawa kehidupan bernegara kita menjadi lebih baik," tuturnya.

Tak hanya itu, menurut Anies, para pendiri bangsa Indonesia banyak yang berasal dari kalangan wartawan. Bahkan, kata dia, wartawan juga telah memberikan marna bagi perjanalan Indonesia.

"Para pendiri republik begitu banyak yang juga merupakan penulis, merupakan insan pers, jadi teman-teman yang sekarang berada di dunia pers, dunia jurnalistik, anda meneruskan tradisi perjuangan dan selamat hari pers nasional," pungkasnya. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH