Anies Bakal Tindak Tegas Supir yang Langgar Aturan Pada Malam Takbiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpawai bersama warga Ibu Kota saat malam takbiran (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan menindak tegas para supir bus dan angkutan kota yang mengangkut warga kelebihan batas saat malam takbiran Idulfitri 1440 Hijriah/2019.

Harusnya, kata Anies seluruh supir tidak membiarkan masyarakt naik ke atas atap kendaraan saat takbiran keliling. Hal itu menurut dia akan membahayakan.

"Karena itu enggak boleh sebetulnya dan harus ada sanksi bagi supir yang membiarkan atap kendaraannya dibiarkan untuk duduk berdiri. Karena bukan seharusnya ada disitu jadi sanksinya harus ada pada pengendali kendaraan," ujar Anies usai open house di Rumah Dinas Gubernur DKI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6).

Para peserta pawai malam takbiran ditertibkan kepolisian
Peserta pawai malam takbiran yang duduk diatas atap angkot ditertibkan petugas kepolisian (Foto: Twitter @TMCPolda)

Karena membahayakan Anies pun berencana membuat peraturan khusus yang mengatur tentang perilaku pengguna kendaraan saat acara takbiran keliling di jalanan.

"Aturannnya nanti apa, nanti kita cek apakah harus pake pergub apakah harus pake perda. Nanti kita atur. Tapi harus ada aturan yang memberikan sanksi kepada penanggung jawab kendaraan dan penanggung jawab kendaraan adalah supir, pengemudi," jelasnya.

Aturan itu juga, lanjut dia, nantinya akan diterapkan kepada kegiatan lain seperti konvoi suporter pertandingan olahraga dan sebagainya.

Petugas kepolisian mengamankan warga yang pawai takbiran dengan menaiki atap angkot di Jakarta
Warga yang mengikuti pawai malam takbiran dengan menumpang di atas atap angkot ditertibkan petugas kepolisian di Jakarta (Foto: Twitter @TMCPolda)

"Kan kita kadang lihat sering ada acara-acara pada di atas. Beresiko sekali. Kalau sudah aturan, tidak ada waktu hanya untuk event tertentu. pasti untuk semuanya," tutupnya.

BACA JUGA: Ketua DPR Serukan Kubu Jokowi dan Prabowo Berdamai Saat Lebaran

Kapolda Jateng Sebut Kaum Muda Rentan Terpapar Radikalisme

Diketahui, pada malam takbiran Idul Fitri, Selasa (4/6) kemarin ada sejumlah orang yang menyewa bus hingga angkot untuk kegiatan takbiran keliling. Mereka meluapkan kegembiraan secara berlebihan hingga naik ke atas atap kendaraan.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH