Anies Bakal Kaji Rumah DP 0 Persen, Ada Apa?

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 10 November 2018
Anies Bakal Kaji Rumah DP 0 Persen, Ada Apa?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas 100 marbot masjid untuk umrah. Foto: Facebook/Anies Baswedan

MerahPutih.com - Program rumah DP 0 persen yang dibuat oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak berjalan mulus. Masyarakat menilai janji kampanye Anies-Sandi tersebut tidak cocok untuk warga kelas menengah karena persyaratan memiliki rumah itu harus berpenghasilan minimal 4 juta perbulan.

Anies pun menanggapi persoalan rumah DP 0 persen tersebut. Ia pun berencana akan mengkaji kembali sistem pembelian rumah itu yang pendaftarannya baru dibuka pada 1 November 2018 lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas 100 marbot masjid untuk umrah. Foto: Facebook/Anies Baswedan

"Coba saya kaji dulu, saya kan kalau ada sebuah paparan begini pasti ada dasarnya. Pasti punya data-datanya, nanti saya lihat. Kita selalu menyambut baik ada orang yang memikirkan lebih banyak tentang perumahan karena kita memang memikirkan warga butuh rumah," ujar Anies di Jakarta, Jumat (9/11).

Salah satunya yang menjadi persoalan warga DKI Jakarta untuk memiliki rumah DP 0 persen itu harus berpenghasilan Rp 4 juta sampai Rp 7 juta per bulan. Program andalan Anies itu dianggap tidak pro terhadap rakyat kecil.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, bahwa persyaratan program DP 0 perseb itu juga tergolong untuk warga kelas menengah.

"Kenapa saya memikirkan sekali pada masyarakat yang saat ini kesulitan untuk memliki rumah? Itu bukan hanya yang di bawah, yang di tengah juga kesulitan memiliki tempat tinggal," ungkap Anies.

Pekerja membangun perumahan di Boja, Kendal, Jateng, Selasa (7/4). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Anies pun memiliki alasan Pemprov DKI menggandeng pihak swasta dalam membangun rumah DP 0 persen itu. Menurut dia, hal tersebut merupakan strategi marketing.

"Kalau sektor swasta terlibat secara komersial mereka melihat itu visible. Bagian kita pemerintah membantu mereka yang posisinya sulit untuk komersial," pungkasnya. (Asp)

#RUmah DP 0 Persen #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan