Anies Bakal Bangun Jalur Sepeda Sepanjang 63 Km di Jakarta Gubernur DKI Jakarta jajal jalur sepeda dari Veldrome-Balai Kota. Foto: Twitter/@aniesbaswedan

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membuat jalur sepeda sepanjang 63 kilometer (Km) di Jakarta.

Sambung Anies, rute yang diutamakan untuk jalur pesepeda adalah di kawasan yang terkena sistem ganjil genap.

Baca Juga

Tes Jalur Sepeda Velodrome-Balai Kota, Anies Akui Banyak Butuh Perbaikan

"Kita memulai dengan menyiapkan jalur sepeda pada tiga fase ini sepanjng 63 kilometer. Fase pertama ini ada sebanyak 25 kilometer, diutamakan di jalur-jalur yang terkena kebijakan ganjil-genap," ucap Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (20/9).

Saat ini, lanjut Anies, Pemprov DKI sudah membangun jalur khusus sepeda sepanjang 26 km. Namun jalur itu tak terhubung sehingga menyulitkan pengguna sepeda.

Adapun terdapat tiga fase uji coba jalur sepeda di Ibu Kota. Fase 1 di Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan Pemuda yang dilaksanakan uji coba pada 20 September 2019-11 Oktober 2019.

Baca Juga

Pemprov DKI Sediakan 17 Rute Jalur Sepeda di Jakarta

Kemudian, Fase 2 sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan RS Fatmawati Raya digelar pada 12 Oktober 2019-1 November 2019, selanjutnya Fase 3 sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara pada 2 November-19 November 2019.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan uji coba tes jalur sepeda dari Velodrome ke Balai Kota, Jumat (20/9). Foto: MP/Asropih
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan uji coba tes jalur sepeda dari Velodrome ke Balai Kota, Jumat (20/9). Foto: MP/Asropih

"Fase pertama aspalnya akan diganti, menunggu aspalnya diganti dalam beberapa waktu ini, sesudah itu baru dipasang penandanya supaya tidak kerja dua kali," papar Anies.

Jika warga DKI memanfaatkan jalur tersebut untuk bersepeda maka akan berdampak pada perbaikan kualitas lingkungan hidup di Jakarta.

Baca Juga

Dishub DKI Pastikan Jalur Sepeda yang Diluncurkan Anies Aman

"Jadi kita siapkan jalurnya untuk pembiasaan lalu dorong lebih banyak yang memanfaatkan sepeda untuk kegiatan sehari-hari,” pesannya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH