Anies Bagi-bagi Puluhan Juta Masker untuk Warga Jakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 01 Mei 2020
Anies Bagi-bagi Puluhan Juta Masker untuk Warga Jakarta
Gubernur Anies Baswedan meninjau distribusi masker di PD Pasar Jaya, Cakung. (ANTARA/HO-East Jakarta Information Office)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat 20 juta masker kain untuk dibagikan secara gratis ke seluruh penduduk Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun Twitter-nya.

“20 juta masker kain diproduksi bagi seluruh penduduk Jakarta. Tiap orang dapat dua masker, gratis. Ini ikhtiar Pemprov DKI Jakarta untuk melindungi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian di kampung-kampung,” kata Anies dalam keteranganya, Jumat (1/5).

Baca Juga:

Pemudik Dizinkan Mudik Jika Bawa Surat RT/RW, Ini Jawaban Korlantas Polri

Seperti diketahui, wilayah ibu kota saat ini menjadi episentrum atau pusat penyebaran virus corona di Indonesia.

Hingga Jumat (1/5), sudah 4.283 warga Jakarta yang terinfeksi virus mematikan dari Tiongkok ini. Dari jumlah tersebut, 2.151 tengah berada dalam perawatan, sementara 1.312 orang menjalani isolasi mandiri.

Pasien COVID-19 yang sembuh di Jakarta mencapai 427 orang. Jumlah ini masih lebih tinggi dari pasien yang meninggal yaitu 393 orang.

Pembagian masker kain gratis ini bisa meringankan beban warga karena banyak yang tidak memiliki uang untuk membelinya. Di pasaran, harga masker kain dijual rata-rata mulai Rp10.000.

Perajin menyelesaikan pembuatan masker kain di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  membagikan 20 juta masker kain bagi warga ibu kota mulai Sabtu (2/5). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc
Perajin menyelesaikan pembuatan masker kain di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan 20 juta masker kain bagi warga ibu kota mulai Sabtu (2/5). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc

Anies juga mengajak masyarakat DKI Jakarta untuk saling membantu melalui program anyar yakni Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

Program tersebut dibuat untuk mengatasi dampak virus corona.

"Seiring dengan datangnya bulan suci Ramadan, ??Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk bahu membahu membantu sesama yang membutuhkan, dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dalam rangka mengatasi pandemik COVID-19 khususnya di Provinsi DKI Jakarta," ujar Anies.

Baca Juga:

Pilwakot Solo 2020 Diusulkan Diundur

Anies berujar program ini merupakan kolaborasi sosial dari warga untuk warga lain yang membutuhkan. Di mana Pemprov DKI Jakarta sebagai media fasilitator program.

Dalam program KSBB ini terdapat empat fokus utama yakni:

1. Paket Makanan Siap Saji Pagi-Malam??

2. Paket Sembako??

3. Paket Lebaran??

4. Paket THR uang tunai??

"Pendistribusian akan dilakukan secara merata untuk RW rentan, pesantren, panti sosial asuhan anak, panti sosial bagi lanjut usia, panti sosial disabilitas dan lokasi prioritas potensial lainnya di Provinsi DKI Jakarta," lanjut Anies.

Selain itu Anies juga memberikan nomor yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut mengenai program KSBB ini.

Info lebih lanjut mengenai program KSBB dapat dilihat pada laman web https://corona.jakarta.go.id/ksbb atau dapat menghubungi chat center ke nomor +6281196000196 ; +6281196000197 atau +628118438899. (Knu)

Baca Juga:

PKS Soroti Maraknya PHK Tenaga Kerja dan Nasib Buruh saat Pandemi Corona

#Virus Corona #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan