Anies Akui Punya 100 Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Tes cepat pegawai PD Pasar Medan di Kantor PD Pasar Medan. ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim hingga kini ada 100 rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan pasien COVID-19 di ibu kota.

"Sekarang ada tambahan rumah sakit sehingga kita saat ini ada 100 rumah sakit rujukan yang bisa digunakan," ujar Anies usai menggelar apel tanggap bencana banjir menghadapi musim penghujann, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (30/9).

Baca Juga:

Upadate COVID-19 DKI Minggu (5/7): 13.069 Positif, 8.424 Sembuh

Kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI sebelumnya ada sebanyak 67. Kemudian ada tambahan 13 rumah sakit umum daerah (RSUD) dan menggandeng 26 rumah sakit swasta sebagai rumah sakit rujukan pasien corona.

Bagi warga yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 harus melaksanakan perawatan dengan karantina mandiri di fasilitas yang sudah disediakan pemerintah.

Ilustrasi COVID 19 (Antara)
Ilustrasi COVID 19. (Antara)

Masyarakat juga bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun ada kriteria yang harus dipenuhi agar pasien COVID-19 bisa isolasi mandiri di rumah.

"Begini saja intinya bahwa setiap warga yang terpapar dan terinfeksi COVID-19 dia harus melakukan isolasi mandiri dan ini bisa dikerjakan sendiri atau isolasi lewat fasilitas pemerintah," beber dia.

Baca Juga:

Kasus COVID-19 Kota Medan Mendekati Angka Seribu

Bahkan hotel juga dijadikan sebagai ruang inap perawatan pasien COVID-19. Hotel ini atas arahan Presiden Jokowi, setidaknya ada 15 hotel bintang 1 hingga 3 yang disiapkan sebagai tempat karantina.

"Jadi pilihannya satu ditempatkan di fasilitas ada wisma atlet dan kemudian juga ada tempat-tempat lain yang sudah disiapkan, di Jakarta ada 3 tambahan tempat dan juga ada hotel," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropihs


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH