Anies akan Tambah Armada TransJakarta Bus Berbasis Listrik Bus listrik di Jakarta. ( Foto: Antara )

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menggunakan bus berbasis listrik bila menambah bus baru untuk armada TransJakarta.

Sambung Anies, penambahan armada itu untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta yang saat ini masuk dalam kategori buruk.

Baca Juga

Anies Minta Regulasi Kendaraan Listrik di Jakarta Dituntaskan

"Tim dari Transjakarta baru saja kembali dari (studi) beberapa negara. Mereka melakukan review atas kualitas-kualitas bis listrik yang bisa kita gunakan. Jadi yang pasti, semua bis baru, kita akan menggunakan yang berbasis listrik. Itu komitmen kita," tegas Anies di Jakarta Minggu (27/10).

Anies pun menjabarkan tiga kebijakan utama Pemprov DKI untuk mendorong penggunaan kendaraan bebas emisi di Ibu Kota

Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

"Pertama pembangunan jalur sepeda dan kampanye sepeda sebagai alat transportasi jarak dekat," jelas dia.

Baca Juga

Ada Karnaval Mobil Listrik, Koridor TransJakarta Blok M-Kota Dialihkan

Kemudian, lanjut Anies, integrasi transportasi umum yang berdampak pada turunnya peringkat kemacetan Jakarta dan peningkatan penumpang kendaraan umum sebanyak dua kali lipat selama dua tahun terakhir.

Kebijakan ketiga yang akan dilakukan pihaknya adalah pembebasan bea pajak balik nama untuk kendaraan-kendaraan bermotor berbasis listrik, baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga

Dua Harapan Besar Investor Listrik kepada Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

"Kita berharap pemerintah pusat bisa memberikan kelonggaran, lebih cepat lebih baik, supaya Jakarta makin cepat menjadi kota yang kualitas udaranya lebih baik," tutup Gubernur. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH