Anies Akan Bagikan Anggaran ke Warga Jakarta Bangun Sumur Resapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku tengah menyiapkan anggaran bagi warga Jakarta untuk membangun drainase vertikal berupa sumur resapan di lingkungan masyarakat. Sumur resapan ini nantinya akan berfungsi mengantsipasi genangan air saat musim penghujan.

"Kita melakukan penganjuran dan kita akan siapkan nantinya anggaran yang bisa digunakan oleh masyarakat membangun (sumur resapan di kampung-kampung)," ujar Anies di kantornya, Selasa (22/1).

Tak hanya itu sumur respan juga diyakini sebagai salah satu cara ampuh mengantisipasi masalah penurunan muka tanah karena terjurasnya air tanah secara masif.

Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tak merinci sumber dana yang bakal dialokasikan untuk pembangunan sumur resapan itu. Begitu juga mengenai besaran dana yang akan dikucurkan.

Proyek drainase di Jakarta
Salah satu proyek drainase di Jakarta (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

"Cek ke dinas ya (besaran anggarannya) itu dari dinas perumahan dari dinas perindustrian dan energi sudah disiapkan," ungkapnya.

Pembangunan sumur resapan atau drainase vertikal di pemukiman warga sangat penting dilakukan agar air hujan bisa langsung diresapakan kedalam tanah. Debit air yang mengalir hingga kesungai semakin sedikit dan resiko banjir semakin menipis.

"Drainase vetikal perlu dilakukan setiap rumah jadikan rumah kita rumah yang tidak mengeluarkan air hujan dari halaman kalau kita air hujannya dimasukkan ke dalam tanah di areal rumah kita sendri maka kita bisa mengatakan pada diri kita bahwa saya bukan termasuk yang menyumbang air banjir di Jakarta," kata Anies. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH