Anies-AHY Unggul dalam Survei Simulasi Pasangan Capres-Cawapres

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 19 Maret 2023
Anies-AHY Unggul dalam Survei Simulasi Pasangan Capres-Cawapres
ILUSTRASI - Pemilu 2024. ANTARA/D.D Kliwon

MerahPutih.com - Beberapa tokoh nasional mulai muncul ke publik sebagai pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Lembaga survei Magna Charta Politika merilis hasil survei terbaru, pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) unggul dalam simulasi tiga pasang capres dan cawapres.

"Pasangan Anies-AHY unggul untuk semua simulasi pasangan calon," kata Direktur Kajian Magna Charta Politika Wildan Ramadhan Wijaya di Jakarta, Sabtu (18/3), dikutip Antara.

Baca Juga:

AHY Sebut Pengelolaan Pajak Belum Baik dan Rawan Disalahgunakan

Dia menjelaskan dalam simulasi empat pasangan calon, pasangan Anies-AHY meraih elektabilitas tertinggi dengan perolehan 31,4 persen, diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir sebesar 19,7 persen, pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar sebesar 15,9 persen dan pasangan Puan Maharani-Andika Perkasa sebesar 11,7 persen.

Sementara itu, yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebanyak 21,3 persen.

Dalam simulasi tiga pasangan, pasangan Anies-AHY masih unggul dibandingkan dengan pasangan lainnya dengan elektabilitas sebesar 37,8 persen, diikuti oleh pasangan Prabowo Subianto-Puan sebesar 24,7 persen dan pasangan Ganjar-Erick sebesar 15,3 persen. Yang belum menentukan pilihan sebesar 22,2 persen.

Baca Juga:

AHY Harap Pemilu 2024 Berlangsung Jurdil dan Demokratis

Sedangkan pada simulasi dua pasangan calon, pasangan Anies-AHY dengan perolehan elektabilitas sebesar 40,9 persen dibandingkan dengan 30,2 persen yang didapat oleh pasangan Prabowo-Puan. Sementara itu, yang belum menentukan pilihan sebesar 28,9 persen.

Survei Magna Charta Politika itu dilakukan pada 9-18 Maret 2023 mengambil populasi warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum ketika survei dilakukan. Sampelnya diambil di 34 provinsi dan populasi dipilih secara acak sebanyak 2.000 responden, dengan margin of error 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023. (*)

Baca Juga:

AHY Sebut Putusan PN Jakpus Tunda Pemilu Usik Rasa Keadilan

#Agus Harimurti Yudhoyono #Anies Baswedan #Pilpres #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan