Orbituarium

Ani Yudhoyono, dari Putri Prajurit hingga Ibu Negara

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 01 Juni 2019
Ani Yudhoyono, dari Putri Prajurit hingga Ibu Negara
Ibu Ani Yudhoyono meninggal di usia 67 tahun. (foto: Instagram @aniyudhoyono)

DUNIA keprajuritan sudah mendarah daging dalam diri Kristiani Herrawati atau yang lebih dikenal dengan Ani Yudhoyono. Lahir di Yogyakarta pada 6 Juli 1952, Ani besar dan tumbuh di lingkungan prajurit. Ayahnya ialah Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo. Ani Yudhoyono merupakan anak ketiga. Ia punya enam saudara lainnya.

Nama ‘Kristiani’ diberikan sang ayah terinspirasi dari karakter tokoh pewayangan Kresna yang berkarakter baik. Sementara itu, nama Herawati yang berarti kekuatan. Ani tumbuh sebagai anak tomboi. Sejak remaja, ia bercita-cita menjadi dokter. Ketika tamat SMA, ia langsung mengambil kuliah jurusan kedokteran di Universitas Kristen Indonesia.

Namun sayang, kuliah kedokterannya tidak sampai lulus karena ia pindah untuk mengikuti ayahnya yang ditunjuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Akhiirnya, Ani memilih mengenyam pendidikan di Universitas terbuka dengan mengambil jurusan sarjana ilmu politik. Ia pun lulus dengan gelar sarjana ilmu politik pada 1998.

ani yudhoyono
Menikahi SBY pada Juli 1975. (foto: Instagram @aniyudhoyono)

Aktivitasnya yang sering menemani sang ayah bertugas mempertemukannya dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada 1973. Sebagai putri Gubernur AKABRI ketika itu, Ani menemani sang ayah saat peresmian barak taruna di Magelang. Pada 1974, Sarwo Edhie Wibowo ditugaskan menjadi duta besar di Korea Selatan, Ani Yudhoyono dan SBY telah resmi bertunangan setelah SBY lulus sebagai perwira terbaik AKABRI tahun 1973. Ani Yudhoyono dan SBY resmi menikah pada Juli 1975.

Rumah tangga Ani dan SBY diwarnai dua putra, yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Eddie Bhaskoro Yudhoyono. Saat SBY menjabat Presiden RI pada 2004, Ani mendampingi sebagai ibu negara. Tak hanya pernah menjadi ibu negara, Ani Yudhoyono juga pernah aktif di berbagai organisasi. Ani Yudhoyono pernah menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Ia juga pelindung utama kegiatan PKK, Pelindung Nasional Women International Club, serta Duta HIV/ AIDS dan ASI.

ani yudhoyono
Setia mendampingi SBY sebagai Ibu Negara. (foto: Instagram @aniyudhoyono)

Ia juga aktif dalam kegiatan sosial di Persit Kartika Chandra Kirana (Persatuan Istri Tentara), Dharma Pertiwi, dan Dharma Wanita selama SBY menjabat Menteri Pertambangan dan Energi pada era Pemerintahan Abdurrahman Wahid dan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan era Pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Dalam hal seni, Ani sangat menikmati hobi fotografi. Tak jarang ia terlihat membawa kamera saat mendampingi SBY dalam kunjungan ke daerah. Ia juga meminati tenun Indonesia serta anggrek.

Pada awal 2019, Ibu Ani terbaring sakit. Tubuhnya melawan kanker darah yang menggerogoti. Setelah dirawat sejak Februari di Singapura, Ani Yudhoyono berpulang ke Ilahi pada Sabtu (1/6) pukul 11.50. Belum ada keterangan tentang pemulangan jenazah dan pemakaman.

Selamat jalan, Ibu Ani Yudhoyono.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan