Angsa, Alasan Abigail Cantika Ikuti Pola Makan Plant-Based

annehsannehs - Senin, 13 Juli 2020
Angsa, Alasan Abigail Cantika Ikuti Pola Makan Plant-Based
Abigail Cantika. (Foto: Instagram @AbigailCantika)

POLA makan plant-based mungkin sudah sering kamu dengar selama beberapa tahun terakhir. Pola makan ini memang memiliki segudang manfaat, mulai dari menurunkan berat badan sampai mencegah penyakit kronis seperti gangguan jantung dan diabetes tipe 2.

Meski tidak ada definisi yang absolut, laman Healthline menjelaskan pola makan plant-based hanya berfokus pada bahan makanan yang berasal dari tanaman, termasuk sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Baca juga:

Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Makan Makanan Pedas Tiap Hari

Pola makan ini juga meminimalisir pengolahan makanan dan menghindari kandungan gula tambahan, tepung, atau minyak olahan.

Sering dianggap sebagai diet yang ampuh, pola makan plant-based lebih cocok dikategorikan sebagai gaya hidup. Pola makan ini menjadi bentuk nyata bagi sebagian orang untuk memerangi animal cruelty atau kekejaman terhadap binatang, salah satunya Abigail Cantika.

Sang penyanyi sekaligus penulis lagu itu mengaku telah menjadi vegetarian selama 1,5 tahun dan menjadi vegan selama dua tahun. Telah dijalani cukup lama, lantas apa motivasi Cantika untuk menjalankan pola makan plant-based? Jawabannya karena angsa.

"Awalnya aku hanya karena kasihan lihat adegan hati angsa yang dijadikan Foie Gras (menu makanan), lama-lama aku belajar juga dari membaca buku dan nonton documentaries, dan jadinya juga untuk alasan kesehatan," ungkap Cantika kepada MerahPutih.com.

Baca juga:

Ingin Menggeluti Hobi Resin? Yuk Gabung ke Resin Art Forum Indonesia (RAFI)

Hampir empat tahun tidak menyentuh daging, Cantika merasakan perubahan yang sangat drastis pada tubuhnya. Ia merasa metabolismenya menjadi sangat lancar, stamina lebih bagus, serta daya tahan tubuh yang lebih baik.

Cantika tidak menyentuh daging selama 3,5 tahun. (Foto Instagram @AbigailCantika)
Cantika tidak menyentuh daging selama 3,5 tahun. (Foto Instagram @AbigailCantika)

Pola makan plant-based sebenarnya memang menekankan pengolahan makanan seminimal mungkin. Bahan makanan yang mendukung juga sudah tersedia dimana-mana, sehingga Cantika tidak lagi merasa kesulitan untuk menyiapkan makanannya setiap hari.

Makanan plant-based favorit Cantika adalah vegan rendang dan tempe. (Foto Instagram @AbigailCantika)
Makanan plant-based favorit Cantika adalah vegan rendang dan tempe. (Foto Instagram @AbigailCantika)

Membahas hidangan plant-based terfavorit, Cantika seolah tidak bisa dipisahkan dengan tempe. "Aku pencinta tempe banget sih hehe. As long as ada tempe, i'm happy hehehe," ungkap Cantika. Selain tempe, ia juga menyukai hidangan vegan rendang.

Jika kamu ingin mencoba pola makan ini, Christine Kirlew, M.D. dari Piedmont Healthcare mengatakan perencanaan menu makanan sangatlah penting. Pastikan hidanganmu terdiri dari 50% sayur, 25% biji-bijian utuh, dan 25% lagi protein tanpa lemak. (shn)

Baca juga:

Tempe, Makanan Khas Indonesia yang Kaya Nutrisi

#Juli MP X #Gaya Hidup #Gaya Hidup Sehat #Makanan Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan