Angkutan Barang Cuma Boleh Lewat Pintu Tol Cikupa Jam 6-9 Pagi Gerbang Tol Cikupa Tangerang. Foto:BreakingNews.co.id

MerahPutih.com - Pengelola jalan tol Jakarta-Merak di ruas pintu masuk Cikupa mulai memberlakukan pembatasan angkutan barang guna mengurai kemacetan.

"Laporan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bahwa angkutan barang hanya dapat melintas mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi Sentosa di Tangerang, Selasa (15/5).

Menurut Mardi, kebijakan yang bertujuan mengurai kemacetan di jalan bebas hambatan ini ditetapkan dalam rapat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada ahir April 2018 lalu.

angkutan barang
Kendaraan angkutan barang melintas di jalan tol. Foto: Infonawacita

BPTJ juga telah melakukan sosialisasi pengaturan angkutan barang kepada sejumlah pengusaha yang memiliki kendaraan di kawasan Industri Cikupa Mas, Kecamatan Cikupa.

Kebijakan pengaturan angkutan barang ini merupakan rangkaian dari aturan ganjil-genap kendaraan di Tol Kunciran 2, Kota Tangerang yang telah diluncurkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beberapa pekan lalu.

Tol ganjil genap
Peraturan Ganjil-Genap di Tol. Photo : ANTARA Foto/Widodo S Jusuf

Aturan pembatasan angkutan barang melintasi jalan tol Jakarta-Tangerang ini sendiri berlaku efektif sejak Senin 14 Mei 2018 kemarin.

Sementara itu, Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan untuk kepentingan publik maka semua pihak hendaknya mendukung demi kelancaran arus lalu lintas pada jalan tol itu. BPTJ mengharapkan para pelaku usaha pemilik kendaraan angkutan barang agar dapat bekerja sama untuk mematuhi kebijakan baru ini.

"Pengusaha yang memiliki angkutan barang golongan III, IV dan V agar mengatur waktu keberangkatan yakni pukul 06.00 wib hingga pukul 09.00 WIB," imbau Bambang. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH