Angkatan Laut Tunisia Selamatkan Ratusan Imigran Gelap Imigran ilegal berada diatas perahu setelah diselamatkan oleh angkatan laut Tunisia di perairan dekat Ben Guerdane, Tunisia, Rabu (10/6). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer

MerahPutih Internasional - Angkatan Laut Tunisia berhasil menyelamatkan lebih dari 350 imigran gelap dan mencari ratusan orang lagi yang hilang, Rabu (10/6), ketika mereka mengarungi laut dari Libya menuju pulau Lampedusa di Italia, laporan dari Palang Merah setempat.

Sebagaimana diwartakan laman Al Jazeera, beberapa bulan terakhir ini pihak berwenang di Tunisia menyelamatkan puluhan orang yang menumpang perahu butut yang tidak aman dari tengah laut. Para imigran ini mencoba berlayar dari negara tetanggta Tunisia, Libya, untuk menuju Pulau Lampedusa di Italia.

"Pasukan Angkatan Laut (Tunisia) telah menyelamatkan setidaknya 350 imigran gelap di lepas pantai dekat Ben Guerdane di sebuah kapal tua yang bertolak dari Libya," kata perwakilan Palang Merah setempat, Abd el Karim Rguiyi.

"Diantara mereka adalah orang Suriah dan Afrika. Pihak berwenang sedang mencari lagi sekitar 300 lebih (imigran),” tambahnya.

Ben Guerdane merupakan sebuah kota pantai yang letaknya di seberang perbatasan Libya dan tidak jauh dari pulau wisata Djerba.

Konflik di Libya antara pemerintah dan angkatan bersenjata telah merusak tatanan hukum dan membuat para penyelundup manusia dengan cepat memanfaatkan situasi dengan mengirim ribuan pendatang gelap menyeberangi Laut Tengah menuju daratan Eropa.

Para pemimpin Eropa semakin khawatir Libya akan menjadi negara yang gagal bila faksi pesaing tidak menerima kesepakatan perdamaian yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sementara itu, dalam pertemuan para pemimpin negara G7 awal pekan ini, Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan negaranya kemungkinan akan mengalihkan bantuan luar negeri untuk mengatasi persoalan arus imigran dari Afrika ke Eropa.

Baca Juga:

Michelle Obama Berduka atas Korban Museum Tunisia

Angkatan Laut Thailand Bakal Bantu Imigran Rohingya

Ribuan Imigran Rohingya Terombang-ambing di Lautan Asia Tenggara

Myanmar Selamatkan Kapal Berisi 200 Imigran

Bantuan Pendidikan Imigran Rohingya


Tags Artikel Ini

Rendy Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH