Angkat Budaya Serbia, Sutradara Ralph Fiennes Dianugerahi Kewarganegaraan Baru Sutradara Inggris Ralph Fiennes. (Foto: Instagram/#ralphfiennes)

UNDANG-UNDANG di Serbia mengatur bahwa pemerintah dapat memberikan kewarganegaraan kepada orang asing tanpa memintanya untuk tinggal di sana atau melepaskan kewarganegaraan sebelumnya.

Berpatokan pada undang-undang tersebut, pemerintah Serbia pun memberikan kewarganegaraan kepada sutradara Inggris Ralph Fiennes atas karyanya yang mempromosikan budaya negara asal White Eagles.

Surat keputusan tentang kewarganegaraan Fiennes ditandatangani Perdana Menteri Ana Brnabic pada 7 September lalu. Sesuai isi undang-undang yang berlaku, sutradara yang kini tengah berada di Beograd untuk produksi film terbarunya itu tidak perlu tinggal di Serbia. Selain itu, ia juga tidak perlu melepaskan kewarganegaraan sebelumnya.

"Melalui kegiatan artistik dan aktivitas bisnisnya, dia (Fiennes) mempromosikan Serbia tanpa pamrih." Begitu isi surat kabar "Politika" seperti dikutip dari ANTARA.

Ini bukanlah pertamakalinya pemerintah Serbia menghadiahi kewarganegaraan kepada pesohor dari negara lain. Sebelumnya, mereka pernah memberi kewarganegaraan kepada aktor Hollywood Steven Seagal, penari balet Sergei Polunin serta sejumlah pemain sepakbola dan bola basket.

Debut Fiennes di Serbia dimulai pada 2010 lewat sebuah film "Coriolanus" yang merupakan adaptasi drama Shakespeare. Film ini mengambil lokasi di Serbia. Pada awal 2017, aktor sekaligus sutradara itu juga menghadiri acara pelantikan Presiden Serbia, Aleksandar Vucic. (*)

Simak kiprah lain Ralph Fiennes di industri hiburan pada artikel Daniel Craig Ogah Main Film James Bond Lagi.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH