Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Dekati 4 Juta

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 09 September 2021
Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Dekati 4 Juta
Ilustrasi COVID-19. Foto: PIRO4D/Pixabay

Merahputih.com - Kasus positif COVID-19 di Tanah Air kembali bertambah. Tercatat pada 9 September 2021 bertambah 5.990 kasus. Sehingga akumulasi positif saat ini lebih dari 4,1 juta kasus atau sebanyak 4.153.355 kasus.

Selain itu, juga dilaporkan kasus yang sembuh dari COVID-19 pada hari ini tercatat 10.650 orang. Sehingga total sebanyak 3.887.410 orang sembuh.

Baca Juga

Jokowi Tegaskan COVID-19 Memacu Indonesia untuk Berubah

Sementara jumlah yang meninggal kembali bertambah 334 orang. Sehingga total meninggal menjadi 138.116 orang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya mengikuti rapat bersama para Menkes di dunia termasuk petinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bercerita jika Indonesia kini dipuji sejumlah negara.

Baik dari vaksinasi, maupun jumlah kasus harian Corona yang belakangan menurun drastis. "Turunnya itu karena memang kita tim seluruh Indonesia bekerja keras," cerita dia.

Terkait vaksinasi, Indonesia juga menempati posisi enam besar di dunia dalam jumlah suntikan, melampaui Italia.

Ilustrasi COVID-19. Foto: Pixabay

Namun, Menkes Budi juga menyoroti beberapa negara yang cakupan vaksinasinya lebih dari 70 persen seperti salah satunya Israel kembali menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

"Dari sebagian negara mungkin setelah India kita kedua lah yang sebagian besar sudah terkena delta, memang kita sempat dicela oleh banyak orang, tapi sekarang yang lain yang mencela kita, kan kena juga," sambung dia.

Selain Israel, Budi juga mencontohkan lonjakan kasus Corona yang terjadi di Amerika Serikat. Bahkan, kasus hariannya sudah melampaui 100 ribu per hari.

Baca Juga

Jokowi Jadikan Pandemi COVID-19 yang Melanda Indonesia Sebagai Inspirasi

Hal ini yang seharusnya menjadi kewaspadaan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, lonjakan virus SARS-CoV-2 COVID-19 bisa terjadi kapan saja terlebih di tengah munculnya varian baru dan ketidakdisiplinan protokol kesehatan.

"Jadi sekarang saya liat negara-negara yang vaksinasi-nya sudah tinggi sekali seperti Israel malah kasusnya sekarang jumlahnya tinggi sekali daripada wave sebelumnya," beber dia. (Knu)

#COVID-19 #Kasus Covid #Test Covid 19 #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan