Angka Kecelakaan Tinggi, Pemudik Disarankan Tidak Pakai Motor

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 20 April 2022
Angka Kecelakaan Tinggi, Pemudik Disarankan Tidak Pakai Motor
Ilustrasi - Pemudik menggunakan motor.  (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Masyarakat diminta untuk tidak menggunakan sepeda motor ketika melaksanakan kegiatan mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022. Pasalnya, mudik menggunakan roda dua rawan kecelakaan lalu lintas di jalan.

Adapun berdasarkan laporan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sepeda motor tidak diperkenankan menempuh perjalanan lebih dari 3 jam.

"Sepeda motor bukan sarana transportasi jarak jauh. Saran dari KNKT maksimal untuk 3 jam perjalanan," kata pengamat transportasi Djoko Setijowarno kepada Merahputih.com, Rabu (20/4).

Baca Juga:

Pemprov DKI Minta Pemudik Tak Manipulasi Vaksin Booster

Menurutnya, pemudik harus memikirkan keselamatan dan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Apalagi dalam perjalanan tersebut membawa anak-anak.

Akademisi prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata ini pun menyarankan agar orang tua tidak membawa anak-anak ketika mudik menggunakan sepeda motor.

"Angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan korban pengguna sepeda motor masih cukup tinggi di kisaran 80 persen," paparnya.

Baca Juga:

Korlantas Polri Ungkap Jam Rawan Kecelakaan saat Mudik Lebaran

Ia memandang, mudik dengan transportasi umum juga dinilai paling tepat saat ini, agar lebih memudahkan pengawasan dan pengaturan.

"Keberangkatan mudik lewat simpul transportasi umum, seperti terminal, dinilai lebih mudah diawasi dan diatur," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Makin Kebal COVID-19, Masyarakat Diminta Tetap Waspada saat Mudik Lebaran

#Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan