Angka Kecelakaan Tinggi, Ditjen Perhubungan Darat Gencar Sosialisasi Lima pengendara motor terkapar ditabrak mobil box di daerah Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Kamis (24/9). (Foto Path)

MerahPutih Peristiwa - Direktorat Jenderal (Ditjen) Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan meresmikan Pekan Nasional Keselamatan Jalan tahun 2015, di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Senin (30/11).

Djoko Sasono, selaku Dirjen Perhubungan Darat menjelaskan, hal yang harus dilakukan dalam acara tersebut adalah melakukan sosisalisasi guna menurunkan angka kecelakaan dalam berkendara. Ia berharap, angka kematian akibat kecelakaan tidak lagi meningkat drastis.

"Betul-betul belajar untuk bisa membangun keselamatan. Sebagai contoh, kalau memang anak di bawah umur belum boleh naik motor, ya jangan nyuri-nyuri bawa motor," kata Djoko saat acara peresmian Pekan Nasional Keselamatan Jalan tahun 2015.

Djoko menuturkan, anak-anak sebagai penerus bangsa harus diberikan pengetahuan sejak dini mungkin tentang keselamatan berkendara. Ia juga mengajak semuanya agar dapat merawat anak anak, agar dapat tumbuh dan berkembang sebaik mungkin.

"Saya memberikan penghormatan, kalianlah yang akan membuat bangsa ini lebih baik nantinya, karena kalian-kalianlah yang akan merawat kami yang tua tua nantinya," harapnya kepada pemuda-pemudi yang hadir dalam acara skala nasional tersebut.

Dalam kesempatan yang berbeda, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan merilis tingginya angka kematian akibat kecelakaan diraih oleh pengendara sepeda motor.

"Kalau kita lihat dari data, sepeda motor sebanyak 71% dari usia 16-30 tahun. Ini relevansi atau keterkaitan dengan data dari WHO sangat erat sekali," kata Direktur Keselamatan Transportasi Darat Cucu Mulyana dalam acara Press Background Pekan Nasional Keselamatan Jalan, di Hotel RedTop, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (30/11). (dit)


BACA JUGA:

Kecelakaan Sepeda Motor Raih Angka Tertinggi

 

KIARA: Menteri Susi Belum Bisa Jaga Keselamatan Nelayan

Kereta Cepat Harus Utamakan Keselamatan Penumpang

 



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH