Angka 13 Sedemikian Menakutkan Bagi Sebagian Orang

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 19 Oktober 2017
Angka 13 Sedemikian Menakutkan Bagi Sebagian Orang
Momok angka 13. (Foto: TIME)

SANGAT mengherankan bila Stephen King pembuat karya-karya horor, mencekam, menegangkan dan mengerikan memiliki ketakutannya sendiri. Ia takut pada angka 13 atau dalam bahasa ilmiahnya disebut triskaidekafobia.

King tidaklah sendirian, banyak orang yang fobia terhadap angka 13 itu. Mulai dari yang umum yakni lantai 13, kursi bernomor 13, nomor urut 13 atau kamar bernomor 13.

Malahan King berterusterang, ia selalu melewati angka-angka yang merupakan penambahan dari angka 13.

Mereka yang takut pada nomor 13 biasanya diliuputi dengan hal-hal yang berbau menakutkan, mengerikan, horor dan tahyul.

Semakin mengerikan bila menonton film Friday the 13th, yang berkisah tentang pembantaian massal oleh Jason Verhoos. Film yang dibuat pada tahun 1980 itu kemudian membuat asosiasi yang berbeda pada Jumat tanggal 13 itu. Selain atmosfir tahyul yang kental, dalam budaya pop ditambahkan dengan kengerian dan horor.

Tak ada ukuran yang menentukan jumlah pasti pengidap triskaidekafobia. Namun lebih banyak berimplikasi pada dunia ekonomi dan bisnis. Seperti menghilangkan tingkat 13 dalam bangunan, misalnya hotel atau apartemen.

Seperti yang dituliskan pada laman TIME, pembuat elevator terkenal Otis and Kone selalu menawarkan pada kliennya untuk menghilangkan angka 13 pada panel penunjuk lantai. Pada pesawat Ryan Air Plane yang berbasis di Dublin, di cuitannya di tahun 2014 menyatakan tidak ada angka 13 pada semua pesawatnya.

Meskipun pelaku bisnis tidak alergi dengan angka 13, namun mereka memahami ketakutan itu. Untuk itu mereka mengakomodasi keinginan umumnya orang untuk tidak memasukan angka 13. Bila bersikeras memasukannya, biasanya agak mempengaruhi bisnis mereka.

Celakanya bila angka 13 ini digabungkan dengan hari Jumat, ketakutan itu semakin meningkat. Banyak yang kemudian sangat tertekan dengan sebutan Friday the 13th. Ternyata adapula kajian ilmiahnya yang disebut dengan istilah paraskevidekatriafobia. Jumat ke 13 baru ada pada tahun depan di bulan April dan Juli. Bersiaplah bagi yang takut pada hari itu. (psr)

#Friday The 13th
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan