Anggur Merah Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke Anggur merah memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay/stevepb)

RED wine telah lama dikenal karena pengaruh baiknya terhadap kesehatan tubuh. Selain rasanya yang enak, konsumsi anggur merah dengan takaran yang sesuai bisa membantu menjaga daya tahan tubuhmu loh!

Dengan takaran satu gelas untuk perempuan dan dua gelas untuk laki-laki, berikut merupakan empat manfaat mengonsumsi anggur merah dalam takaran yang disarankan.


Baca Juga:

Manfaat yang Kamu Dapatkan Saat Rajin Mengonsumsi Buah Anggur


1. Mengurangi risiko gangguan jantung

anggur
Membantu mengurangi risiko gangguan jantung dan diabetes tipe 2. (Foto: Pixabay/ponce_photography)


Anggur merah mengandung procyanidins, senyawa yang bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung. Cari red wine yang berasal dari Sardinia atau Prancis bagian Barat Daya yang dikenal memberikan manfaat ini. Selain mengurangi risiko gangguan jantung juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.


2. Mencegah jerawat

anggur
Jerawat minggat dengan red wine. (Foto: Pixabay/congerdesign)


Dilansir dari Medical News Today, senyawa resveratrol yang terkandung pada kulit anggur merah, buah beri, cranberry, dan kacang mampu mengobati jerawat, bahkan melindungi tubuh dari kanker.


Baca Juga:

Kamu Gemar Minum Wine? Ketahui 5 Jenis yang Paling Sehat Untukmu

3. Melindungi otak dari kerusakan

anggur
Resveratrol membantu meningkatkan kadar enzim heme oksigenase. (Foto: Pixabay/pau_noia0)

Penelitian yang dilakukan di Johns Hopkins University School of Medicine menyimpulkan bahwa senyawa resveratrol juga mampu melindungi otak. Resveratrol membantu meningkatkan kadar enzim heme oksigenase yang melindungai sel-sel otak dari kerusakan, sehingga ketika terjadi stroke, pertahanan otak akan lebih baik karena jumlah enzim yang lebih tinggi.

4. Mencegah gangguan penglihatan

anggur
Resveratrol dalam anggur merah memiliki dampak positif juga terhadap kesehatan mata. (Foto: Pixabay/qimono)


Resveratrol dalam anggur merah ternyata memiliki dampak positif juga terhadap kesehatan mata. Dilansir dari Medical News Today, Resveratrol mampu mencegah kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah yang tidak terkontrol di mata yang disebut juga sebagai angiogenesis. (shn)

Baca Juga:

Kampung Anggur, Destinasi Instagramable Sekaligus Edukatif di Yogyakarta



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH