berita-singlepost-banner-1
Anggota DPR Ditantang Sisihkan Dana Reses untuk Bantu Korban COVID-19 Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat COVID-19, Kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). ANTARA/Galih Pradipta/foc.
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - Pengamat politik Jerry Massie mendesak anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menyisihkan sebagian gajinya dan dana reses untuk membantu korban yang terdampak virus COVID-19.

Menurut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) hal ini mrupakan bagian kemanusiaan DPR untuk menunjukkan kesungguhan mereka membantu masyarakat.

Baca Juga

Aktivis: Rapid Test COVID-19 Anggota DPR Lukai Hati Rakyat

"Dana reses ini sudah tepat dialokasikan untuk bantuan bagi penderita virus corona Setidaknya ini meringankan beban masyarakat," kata Jerry kepada Merahputih.com di Jakarta, Rabu (25/3).

Jerry menambahkan, anggota dewan mesti membantu soal logistik sebab saat ini memang ekonomi makro dan mikro lagi tersendat akibat status darurat nasional.

"Warga yang income atau pendapatannya rendah sangat membutuhkan uluran tangan. Selain itu dana reses bisa dibelikan masker bagi warga," imbuh pria asal Minahasa ini.

Messi
Pengamat politik Jerry Massie

Jerry berpandangan, anggota dewan bisa turun ke dapil masing-masing atau ke daerah yang tingkat penyebarannya tinggi seperti DKI Jakarta, Jabar, Jatim dan Banten. Jerry berpandangan, DPR jangan hanya membantu masyarakat ketika membutuhkan suara saja.

Baca Juga

Solo KLB COVID-19, Pengusaha Hotel Rumahkan Karyawan dan Minta Keringanan Pajak

"Ini agar integritas DPR dan kredibilitas lembaga ini bisa naik. Setidaknya momen seperti ini perlu dilakukan oleh wakil rakyat. Jangan hanya mau suara rakyat saat pileg. Giliran ada bencana no action. Tapi dengan dana reses dipakai untuk bencana pandemi maka sangat mulia," terang Jerry.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pada seluruh anggota legislatif di Parlemen dapat mencontoh gerakan gotong royong yang sudah lebih dulu dijalankan masyarakat dalam pengumpulan dana untuk penanganan virus corona atau COVID-19.

Politikus yang akrab disapa Bamsoet itu mendorong anggota legislatif nantinya dapat turut menyumbang dana dengan menyisihkan gaji mereka sebagai Dewan.

Menurutnya gerakan pengumpulam dana seperti itu merupakan bukti bahwa sikap gotong royong masih kuat dan terpatri hati di kehidupan masyarakat Indonesia.

"Saya juga mendorong kepada kawan-kawan di Parlemen untuk menyisihkan dana reses guna melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bertujuan melawan dan mencegah corona," kata Bamsoet.

Baca Juga

Pemerintah Masih "Bimbang" Tentukan Mekanisme Bantuan untuk Masyarakat Terdampak COVID-19

Untuk menjadi contoh, Bamsoet bahkan menyatakan dirinya bakal mendonasikan tiga bulan gajinya selaku Ketua MPR untuk penanganan Covid-19 di tanah air.

"Saya sendiri akan mendonasikan gaji saya sebagai Ketua MPR RI selama tiga bulan ke depan untuk membantu mengatasi wabah Corona. Mari bersama kita lawan dan cegah bertambahnya korban jiwa akibat virus COVID-19," kata Bamsoet. (Knu)


berita-singlepost-mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6