Headline

Anggaran Terbatas, Karimun Tiadakan Perayaan Tahun Baru

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 10 Desember 2017
Anggaran Terbatas, Karimun Tiadakan Perayaan Tahun Baru
Pengguna jalan melintas di depan lampion natal dan tahun baru yang dipasang di depan kawasan wisata (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

MerahPutih.Com - Masyarakat Kabupaten Karimun, Provinsi Riau tak bisa menikmati kembang api di malam tahun baru 2018 nanti. Pemkab Karimun memutuskan untuk tidak merayakan malam tahun baru lantaran keterbatasan anggaran.

Apalagi dalam APBD 2018 tidak dialokasikan secara khusus biaya perayaan pergantian tahun.

"Tidak ada buat acara. Pemerintah Karimun tidak membuat acara pergantian tahun," kata Kepala Bagian Humas Setkab Karimun Eko Riswanto di Tanjung Balai Karimun, Minggu (10/12).

Eko Riswanto sebagaimana dilansir Antara menyatakan, pemerintahan setempat tidak menjadikan perayaan pergantian akhir tahun sebagai kegiatan rutin yang dianggarkan dalam APBD.

"Kalau kegiatan formal tidak ada," katanya.

Meski demikian, pemerintah daerah juga tidak melarang pihak lain untuk merayakan pergantian tahun. Namun ia mengimbau agar perayaan dilaksanakan dengan tertib, dan aman.

"Saya tidak tahu kalau ada pihak ketiga atau swasta yang akan membuat acara, kalau ada kita tinggal mengikuti saja," katanya.

Di tempat berbeda, Kepala Seksi Atraksi Promosi Kerja Sama Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun, Benny Yudishtira mengatakan pihaknya tidak mengagendakan perayaan pergantian akhir tahun menjadi agenda kegiatan kabupaten.

"Biasanya itu pihak swasta yang mengadakan, mereka yang mengundang kita," kata Benny.

Benny menjelaskan, pada tahun-tahun sebelumnya perayaan pergantian tahun baru selalu dirayakan oleh pihak swasta, seperti PT Saipem dengan menggelar pesta kembang api di Coastal Area.

"Kalau beberapa tahun belakangan mereka (Saipem) yang melaksanakan pesta kembang api di Coastal Area," kata dia.

Namun untuk perayaan pergantian tahun ini, PT Saipem belum melakukan koordinasi dengan pemerintah.

Benny Yudhistira memastikan pemerintah membuka pintu koordinasi dengan pihak lain yang ingin merayakan pergantian tahun.

"Ya, silahkan saja kalau ada yang mau buat pesta kembang api, tapi koordinasikan dulu kepada kita agar kita bisa sesuaikan agendanya," katanya.(*)

#Kepulauan Riau #Tahun Baru #Kembang Api
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan