Anggaran Pertahanan Masuk Kategori Rahasia Negara, Prabowo Enggan Buka-bukaan Menhan Prabowo Subianto saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto tak akan membuka rincian penggunaan anggaran Kementrian Pertahanan 2019-2024. Anggaran tersebut senilai Rp131 triliun.

Prabowo melakukan rapat dengan Komisi 1 DPR. Dalam rapat tersebut, ia menyatakan dirinya harus tetap berhati-hati dalam membuka rincian anggaran Kemenhan.

Baca Juga:

Rapat dengan Komisi I, Prabowo Tegaskan Pertahanan Indonesia Bermasalah

"Seharusnya kita selalu prudent, hati-hati dan sedapat mungkin mempersulit pihak non Indonesia untuk terlalu mengerti dan memahami kondisi pertahanan kita," ucap Prabowo, Senin (11/11).

Menurut Prabowo anggaran pertahanan termasuk rahasia negara
Menhan Prabowo Subianto di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (11/11) (Foto: antaranews)

Terkait anggaran Kemenhan yang berkisar Rp 131 triliun, Prabowo menyebut pihaknya akan bertanggungjawab menggunakan anggaran sebaik mungkin.

"Kalau kita mau bicara soal anggaran, yang penting kalau pemerintah itu bertanggungjawab," terang Prabowo.

Prabowo kemudian mengaku merasa ditekan beberapa anggota fraksi di ruang rapat itu untuk membuka rahasia negara. Padahal, kata dia, soal pertahanan itu dirinya hanya bertanggung jawab kepada presiden selaku atasannya. Prabowo bersikukuh jika memang harus merinci soal anggaran ini, dia bersedia. Namun, rapat tetap harus digelar secara tertutup.

"Kalau saya merasa saya ditekan untuk terbuka, saya tidak akan lakukan. Saya bertanggung jawab kepada Presiden RI. Kami bersedia kepada saudara-saudara secara tertutup saya bersedia, tapi maaf saya tidak akan mau bicara terlalu terbuka," tegas mantan Komandan Jenderal Kopassus tersebut.

Baca Juga:

Prabowo Pasrahkan Pengisi Jabatan Wakil Panglima TNI ke Jokowi

Akhirnya disepakati Prabowo menjelaskan soal anggaran yang sudah disampaikan dan sudah disahkan dalam APBN. Prabowo mengatakan pemerintah dan DPR harus sama-sama bertanggung jawab atas anggaran pertahanan.

"Kalau kita mau bicara soal anggaran yang penting bahwa pemerintah itu bertanggungjawab.(Knu)

Baca Juga:

Pembentukan Wakil Panglima TNI Bisa Kurangi Jumlah Perwira Non Job



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH