Android dan Chrome OS Segera Bergabung

Fadhli Fadhli - Jumat, 30 Oktober 2015
Android dan Chrome OS Segera Bergabung
Chromebook Pixel. (Foto: Techcrunch)

MerahPutih Teknologi - Android dan Chrome OS adalah dua sistem operasi besutan Google. Kabarnya Google berencana agar Android dan Chrome OS segera bergabung menjadi sistem operasi baru.

Seperti yang kita ketahui bahwa Android telah menjelma jadi sistem operasi terpopuler sekarang ini. mungkin Google berniat untuk menaikan nama Chrome OS yang masih kalah pamor dengan Windows dan Mac.

Dikutip dari The Verge pada Jumat (30/10), paling cepat Android dan Chrome OS akan bergabung pada tahun 2016. Penggabungan ini berati Android juga akan bisa dijalankan di perangkat komputer desktop.

Jika memang begitu, maka akan ada perubahan besar pada Android dan perangkat komputer, serta dukungan terhadap Google Play Store. Mungkin ini adalah strategi baru Google untuk menyaingi Microsoft.

Seperti yang kita ketahui, telah lama Microsoft memperkenalkan Continum pada Windows 10 yang memungkinkan ponsel Windows 10 bisa dijadikan sebagai PC. Windows 10 juga didesain agar pengguna memiliki pengalaman yang sama antara perangkat desktop dan mobile.

Menurut The Wall Street Journal, sumber dalam Google mengonfirmasi isu bergabungnya Chrome OS dengan Android. Menurutnya preview sistem operasi gabungan ini akan dipublikasikan pada ajang Google I/O tahun depan.

"Langkah ini diambil untuk mengurangi jumlah platform independen yang harus diurusi oleh Google,"ujar sumber yang tidak disebut namanya itu.

Sistem operasi Chrome OS sendiri saat ini dipakai di sejumlah laptop Chromebook yang dikenal sebagai laptop bagus dengan harga terjangkau. Beberapa aplikasi Android kini juga telah mendukung Chrome, walau jumlahnya masih sedikit.

Google juga memperkenalkan laptop Android konvertibel bulan lalu yang disebut Pixel C. Kini nampaknya laptop tersebut bisa dikatakan sebagai kode dari langkah yang akan diambil Google selanjutnya.

 

BACA JUGA:

  1. Google Doodle Peringati Halloween
  2. Cara Google Project Loon Bekerja
  3. Begini Google Project Loon Didesain
  4. 2016 Google Project Loon akan Melingkari Bumi
  5. One Plus X Menampakan Diri
#Chrome OS
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan