Andien Libatkan Anak dalam Kegiatan Sosial demi Pendidikan Andien Aisyah (Foto: MP/Albi)

SETIAP orangtua memiliki metode masing-masing dalam mendidik anak. Semua kembali lagi dengan karakter setiap anak. Seperti salah satu penyanyi Tanah Air ini misalnya. Andien Aisyah punya metode tersendiri untuk mendidik anak.

Saat ditemui di Jakarta, Selasa (2/7), Andien mengaku kerap melibatkan anaknya, Kawa, dalam berbagai kegiatan sosial. "Sejauh ini aku selalu ajak dia ikut kegiatan sosial, bertemu orang dari lintas profesi, ekonomi, agama juga," tutur Andien.

Menurut Andien, dengan seringnya mengajak sang anak ikut dalam berbagai kegiatan sosial. Nantinya buah hatinya itu bisa memilah manakah hal baik untuk bisa dipelajari. "Aku rasa cepat atau lambat dia akan sadar kalau keluarganya membuka diri pada banyak hal," tambahnya.

Lanjut perempuan 34 tahun itu, mendidik anak bukan sekadar menjadi tugas orangtua. Akan tetapi, lingkungan sekitar dapat mempengaruhi pembentukan karakter seorang anak. Maka dari itu, Andien selalu mengawasi lingkungan sekitar anaknya bergaul.

Menurut Andien, lingkungan sekitar juga berpengaruh dalam mendidik anak (Foto: MP/Albi)

Baca juga:

Begini Cara Andien Memilih Sebuah Produk

Selain itu, bagi Andien, mendidik anak enggak bisa hanya melalui sebuah nasihat. Orangtua juga harus memberikan contoh nyata, agar anak bisa tertular. "Kalau cuma dibilangin paling masuk kuping kanan keluar kuping kiri, tapi kalau dicontohkan akan menjadi masukan yang sangat berarti untuk pendidikan dia," papar Andien.

Sang buah hati kata Andien juga mudah beradaptasi. Kemanapun Andien pergi, Kawa selalu bisa menikmati suasana sekitar. "Jalan di pinggir jalan ayo, harus manner ayo, berkunjung ke kolong jembatan ayo, harus ada di backstage temenin aku nyanyi ayo. Jadi dia jadi manusia yg fleksible gitu sih," imbuhnya.

Pendidikan agama juga enggak luput Andien berikan kepada Kawa. Selain mengajarkan anaknya beribadah. Andien juga memberikan pendidikan perihal toleransi-toleransi dalam beragama. "Gak cuma ibadah doang, kalau agama kan harus ada toleransi, cinta kasih, berbagi juga gitu," tukas Andien Aisyah. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH